V8 VADI, Mobil Elektrik Karya Anak Bangsa

IndonesiaBetter— Siapa bilang kalau Indonesia tidak memiliki bakat untuk membuat kendaraan mobil sendiri. Nyatanya, mobil listrik karya anak negeri resmi diperkenalkan dalam upacara HUT Korps Marinir di Bumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis 15 November lalu.

Mobil listrik tersebut di beri label V8 VADI singkatan dari Vehicle Autoelectric Drive Indonesia. Mobil elektrik ini dibuat dan dikembangkan di Institut Teknologi Nasional  Bandung bekerja sama dengan perusahaan V8 Sound.

Diminati Militer

Tidak hanya keren, rencananya mobil elektrik tersebut akan menjadi mobil operasional TNI AL. Mobil bercat putih itu telah bertuliskan Polisi Militer pada lambung dan kap mobil saat dipamerkan. Fitur badan mobil tersebut juga tampak elegan dan modern.

Dijelaskan bahwa mobil listrik V8 VADI ini masih merupakan tipe X atau eksperimental. Dengan diperkenalkannya mobil elektrik ini, seolah menjawab kebutuhan pada energi baru yaitu listrik untuk alternatif bensin. Selain hal tersebut, mobil ini merupakan karya dari anak bangsa. Diketahui selama ini, manufaktur kendaraan berasal dari negara lain.

Mendorong Peralihan Bahan Bakar

Menurut KSAL, Siwi Sukma Adji, tantangan ke depan soal energi harus menjadi perhatian serius. Sekitar 90 persen pemilik mobil masih menggunakan energi fosil yang suatu saat akan habis untuk bahan bakar kendaraan. Hadirnya mobil listrik tersebut patut didukung. Dan langkah TNI AL untuk mendukungnya adalah dengan menggunakan mobil ini sebagai mobil operasional nantinya.

Kendaraan dengan konsep City Car dan didominasi warna putih tersebut berada di barisan terakhir saat defile kendaraan pada penutupan upacara militer HUT Korps Marinir.  Tepuk tangan mewarnai momen kehadiran mobil listrik di hadapan para petinggi TNI AL dan seluruh pejabat serta tamu undangan.

“Ini memang masih versi prototipe, dan sengaja diluncurkan di sini. Menurut rencana, TNI AL akan memesan untuk mobil operasional,” jelas Faisal Muh Daud sebagai Project Manajer Evhero Design Lab ITenkms.  Itenas bekerjasama dengan V8 Sound akan merancang dan mendesain khusus untuk tujuan mobil operasional militer.

Faisal menyebut proses pembuatan mobil listrik itu memakan waktu sekitar tiga bulan. “Kami merancang dan mendesain sendiri mobil ini. Semua komponen merupakan buatan lokal, selain motor dan baterai yang masih harus di impor dari China,” tutur Faisal.

Kapasitas Energi Mobil

Dengan kapasitas baterai 72.000 ampere, baterai mobil listrik buatan anak negeri tersebut ,mampu bertahan selama 6 jam dalam posisi mobil menyala. Mobil V8 VADI juga disebut lebih lincah karena memiliki akselerasi  yang lebih tinggi.  Mobil yang menghabiskan dana Rp 1 miliar dalam pembuatannya tersebut, mempunyai kecepatan hingga 140 km/jam.

Daya baterai pada mobil V8 VADI tersebut dapat melakukan isi ulang di rumah biasa.  “Dibutuhkan waktu 2 jam untuk casbaterai. Mudah-mudahan ini bisa menjawab tantangan seperti yang disampaikan Pak Kasal,” jelas Faisal. Foto dan informasi artikel dikutip dari berbagai sumber di internet. Penulis: Weliam Editor  : Weliam  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *