Ultah FSRD Untar Hadirkan Seminar Collaborative Design for Future

Collaborative Design for Future

Dalam rangka ulang tahun ke-24, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar mengadakan kegiatan pameran dan seminar bertema ?Collaborative Design for Future? 21-23 November 2018.
Dosen dari Universitas berbeda dalam acara pembukaan Collaborative Design for Future

IndonesiaBetter— Di Indonesia, upaya kolaborasi seminar antar universitas masih sangat jarang dilakukan. Para universitas biasanya menganggap universitas lain sebagai saingan. Berbeda halnya dengan Untar. Fakultas Seni Rupa dan Desain miliknya baru baru ini telah menghadirkan kolaborasi seminar dengan universitas lainnya.

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-24, Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Tarumanagara kali ini mengadakan kegiatan pameran dan seminar dengan nama “Collaborative Design for Future”.

Baca Juga: Proyek Bali Baru Berpotensi Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Kolaborasi Dengan 3 Universitas Luar Negri

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kolaborasi, antara Universitas Tarumanegara bersama Namseoul University Korea Selatan, dan Universiti Teknologi MARA Malaysia.  Kegiatan yang diadakan sejak 21 sampai 23 November 2018 dibuka oleh Rektor dari Untar Prof. Agustinus Purna Irawan sebagai tuan rumah.

Acara berlangsung di Auditorium Gedung Utama Kampus Untar, Jakarta. Dalam pidato sambutannya, Rektor Untar mengatakan dunia kreatif dapat menggerakkan perekonomian bangsa. Menurut Prof. Agustinus Purna Irawan,  Indonesia merupakan negara besar dan memiliki potensi besar untuk menghasilkan karya yang berbasis industri kreatif. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi kesempatan untuk menghasilkan karya-karya yang luar biasa.

Baca Juga: Sekolah Relawan, Sekolahnya Calon Relawan

Pameran Karya Mahasiswa dan Dosen

Selain seminar dalam Collaborative Design for Future, terdapat beberapa rangkaian acara lainnya. Acara tersebut akan berlangsung selama tiga hari ini. Kegiatan acara meliputi pameran karya mahasiswa dan dosen, projek mural yang melibatkan mahasiswa Untar dan dosen Universiti Teknologi MARA Malaysia (UiTM), international sketch competition dengan  juri yang dihadirkan berasal dari  seniman Indonesia, Korea Selatan dan Malaysia.

Seminar mengundang pembicara Prof. Byoung Il Sun dari Korea Selatan,  Prof. Ruslan Abdul Rahim dari Malaysia, Irwan Harnoko Wakil presiden dari Type Unite, serta Toto M. Mukmin seniman yang sekaligus menjabat sebagai dosen di Untar. Untuk posisi moderator dipercayakan kepada Ibu Mariati sebagai dosen dari FSRD Untar.

Kegiatan yang berkolaborasi dengan banyak universitas tersebut diharapkan dapat menjadi momen untuk berbagi dan belajar mengembangkan wawasan serta pengetahuan, khususnya  dalam desain dan budaya antara negara. Rangkaian kegiatan pameran dan seminar terbesar pada akhir tahun tersebut banyak berfokus pada karya ilustrasi komik, tipografi dan furniture design.

Acara yang tergolong meriah ini diharapkan dapat dihadirkan setiap tahunnya. Dengan hal tersebut, para mahasiswa akan semakin berkembang secara soft skill. Dengan kolaborasi tersebut, para universitas bisa mempererat hubungan dengan universitas dari luar negri. Sehingga pertukaran pelajar dapat lebih mudah untuk dilakukan.

Baca Juga: Menakjubkan! Riset Dari Indonesia Peringkat 2 ASEAN

 

Foto dan informasi artikel dikutip dari Untar.ac.id.

Penulis: Weliam

Editor  : Weliam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *