Tips Atasi Informasi Hoax Di Internet

IndonesiaBetter— Informasi saat ini semakin cepat tersebar, seiring dengan perkembangan teknologi digital. Hampir semua orang dapat mengakses internet hanya bermodalkan sebuah smartphone.

Tentunya hal ini memberikan dampak positif maupun negatif bagi masyrakat, terutama yang berada di Indonesia. Disatu sisi, dengan berkembangnya dunia digital, semakin banyak lapangan pekerjaan yang bisa diakses oleh rakyat Indonesia. Beberapa orang juga dapat mengetahui informasi terkini yang sedang terjadi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sayangnya ada sisi buruk terhadap perkembangan teknologi digital tersebut. Semakin banyak orang dapat menyebarkan informasi, tidak hanya tim jurnalistik profesional, namun juga orang awam. Sah-sah saja untuk memberikan informasi mengenai hal yang memang sesuai fakta.

Namun nyatanya, saat ini penyebaran berita sering kali mengandung unsur informasi Hoax. Beberapa berita yang ditulis artikel, sering juga ditemukan tidak sesuai dengan konten yang ada didalamnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dari definisi Hoax.

Definisi dari Hoax

Hoax pada definisi dasar adalah sebuah kabar yang diciptakan untuk menciptakan sebuah kabar bohong. Meskipun hoax sudah lama dilakukan beribu tahun yang lalu, hoax pertama yang tercatat adalah pada tahun 1661.

Mulanya beberapa orang menggunakan kabar hoax sebagai bahan candaan. Ada pula yang menjadikan hoax untuk membuat cerita dongeng. Namun semakin majunya kecerdasan manusia, hoax saat ini dipakai untuk berbagai kepentingan.

Kita tidak akan membahas kepentingan tersebut, karena hoax memang dapat dipakai untuk hampir segala macam kepentingan. Yang perlu kita bahas adalah bagaimana cara untuk menanggulangi berita hoax. Tentunya segala dampak negatif dapat dicegah, bila seseorang mau membekali dirinya dengan beberapa hal yang akan dibahas berikut ini.

Bersikap Kritis

Kita tahu benar, bahwa saat ini sangat mudah mendapatkan informasi , bahkan ketika kita sedang tidak mencari informasi tersebut. Namun setiap informasi yang diterima, haruslah disikapi dengan kritis. Anda harus mempertanyakan kebenarannya, sebelum anda menetapkan bahwa informasi yang disampaikan adalah sebuah kebenaran.

Dengan bersikap kritis, anda juga akan menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini akan mencegah anda untuk mudah dibohongi dalam kedihupan sehari hari anda. Tentunya bersikap kritis memiliki peran sangat penting dalam penanggulangan informasi hoax.

Menilai Secara Objektif

Selama ini banyak orang yang tertipu oleh informasi hoax, dikarenakan perasaan yang tidak objektif. Persepsi sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses seseorang dalam memberikan interprestasi atas suatu sumber berdasarkan informasi yang ditampilkan oleh sumber tersebut.

Persepsi adalah sebuah proses internal yang dilakukan oleh manusia ketika mengevaluasi dan mengorganisasi informasi atas berbagai stimulasi dari indera kitaDengan sebuah persepsi yang salah, berita bohong atau hoax pun akan terlihat seperti sebuah berita benar.

Faktor yang menentukan sebuah persepsi adalah pandangan subjektif maupun objektif. Salah satu contohnya seperti ketika melihat seorang gadis. Beberapa orang bisa mengatakan gadis itu sangat cantik. Sementara bisa saja anda mengatakan gadis tersebut biasa biasa saja. Dengan penilaian secara objektif, anda akan lebih mudah untuk berpikir secara kritis.

Cermati Sumber Dari Informasi

Saat ini hampir semua situs dapat menyebarkan informasi kepada pengguna digital. Namun tidak semua sumber dapat dipercaya. Tentunya untuk situs profesional seperti kompas, detik, maupun tribun kadang juga tidak terlepas dari kesalahan pemberitaan. Namun demikian, mereka memiliki kredibilitas yang telah teruji dan telah lama melalang buana dalam dunia jurnalistik

Dengan sumber yang kredibel, anda lebih sedikit resikonya untuk mendapatkan informasi hoax. Anda juga dapat mencermati sumber dari artikel yang dibuat. Bila dalam artikel tidak ada sumber yang jelas, atau dituliskan sumbernya, anda harus berpikir dua hingga tiga kali untuk menetapkan berita tersebut sebagai berita benar.

Jangan Terpancing Dengan Judul Provokatif

Untuk berpikir secara kritis dan objektif, tentunya manusia memerlukan ketenangan batin. Seseorang yang telah terpancing emosinya, maka dipastikan ia akan sulit berpikir secara objektif, apalagi kritis. Hal ini yang menyebabkan para penulis berita informasi hoax, membuat judul yang provokatif.

Dengan hal tersebut, mereka dapat memancing pembaca berita untuk menilai secara subjektif, dan membuat berita informasi hoax tersebut seakan menjadi benar. Sebagai manusia yang cerdas, ada baiknya anda berusaha untuk tidak membaca judul yang terlalu provokatif. Kebanyakan dari isi konten berita tersebut, biasanya lebih sering diisi dengan berita informasi hoax, ataupun memuat berita yang tidak berkaitan dengan judul. Istilah tersebut biasanya disebut Clicl-Bait.

Dengan mempraktekan keempat poin tersebut, maka anda akan lebih sulit untuk menerima informasi hoax. Beberapa artikel yang saya baca sebelumnya lebih menekankan untuk membatasi media sosial. Sayangnya hal tersebut tidak benar benar menanggulangi berita informasi hoax. Apalagi sangat salah bila harus membatasi diri pada dunia digital yang semakin menjadi salah satu kebutuhan utama dalam berkomunikasi antar manusia.

Untuk menanggulangi berita hoax, rakyat Indonesia khususnya harus memperbaiki diri sendiri dari ke empat poin tersebut. Berita informasi hoax tidak akan pernah mati penyebarannya. Namun selama kita berpegang pada 4 poin tersebut, kita tidak akan terbuai dengan informasi hoax. Dengan demikian rakyat Indonesia tidak perlu terpecah karena berbagai berita hoax yang ada di Internet. Artikel ini dibuat semata untuk memberi insight baru kepada sahabat agar lebih waspada terhadap berita informasi hoax, semua untuk Indonesia yang lebih baik.

Informasi dan Gambar diambil dari Wikipedia mengenai hoax, serta berbagai sumber lainnya.

Artikel dibuat tanpa adanya unsur politis maupun memojokan pihak tertentu. Mohon untuk tidak menyebarkan artikel selain untuk kepentingan pengetahuan dan juga mencerdaskan rakyat Indonesia.

Penulis: Weliam

Editor: Weliam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *