Pria Asal Solo Sukses Menjual Helm Custom Hingga Mancanegara

IndonesiaBetter— Helm merupakan produk laris di Indonesia. Sebagain besar warga negara Indonesia, kebanyakan memiliki motor. Kendaraan tersebut memiliki harga yang dapat dijangkau. Apalagi dengan sistem kredit yang marak saat ini.

Banyaknya pengguna motor, tentu menjadi keuntungan bagi penjual helm. Apalagi dengan peraturan lalu lintas yang mengharuskan pengendara mengenakan helm untuk alasan keselamatan. Selain faktor tersebut, helm juga dinilai sebagai sebuah pelengkap fashion bagi para pengendara motor.

Perpaduan bentuk dan warna helm dengan motor kesayangan menjadi kebanggan sendiri bagi pengemudinya. Tak jarang, beberapa orang mengkoleksi tidak hanya 1 hingga 2 helm. Hal tersebut sepertinya disadari oleh pria bernama Oki Nandiwardana.

Terinspirasi Dari Helm Dijalanan

Helm Retro

Ia bersama rekan rekannya mendirikan brand helm Trooper. Helm tersebut merupakan jenis helm custom, helm khusus yang didesain sesuai selera pemesannya. Melalui media helm, Oki ingin mengubah passion menjadi fesyen yang bernilai tinggi.

Oki dalam usahanya tersebut, dinilai cukup berhasil mencuri perhatian banyak orang. Awalnya Oki menggeluti hobi motor custom. Namun ketika melihat helm yang dijual dijalan, ia merasa kurang cocok untuk berkendara pribadi. Keinginan Oki untuk membuat helm, terwujud berkat tetangga rumah yang berprofesi sebagai pengrajin fibe.

Tetangganya menjelaskan bahwa ia sanggup membuat helm dari bahan fiber. Hal tersebut membuat Oki membuat model sebagai desain untuk helm custom. Hal tersebut memunculkan ide untuk menjual helm di pasaran. Dengan bekal media sosial dan ilmu saat kuliah. Oki kemudian merintis usahanya tanpa modal. Barang dijual dengan sistem pre order.

Pembeli Helm Custom Lokal Dan Mancanegara

Usaha yang dilakukan Oki tidak sia-sia. Saat ini, ia telah mempekerjakan 11 orang dengan total omzet setiap bulan mencapai Rp 30-60 juta. Semua proses produksi helm dilakukan di Solo, dan sepenuhnya dikerjakan sendiri dengan tangan. Oki menjelaskan bahwa ia tidak hanya menjual produk jadi. Namun juga proses pembuatan helm yang membutuhkan waktu 2-3 minggu. Helm diberikan harga berkisar antara Rp. 650.000 s/d Rp. 1.500.000

Pelanggan Oki tidak hanya berasal dari dalam Negeri. Beberapa orang asing dari negara di Amerika, Eropa dan Asia, juga melakukan pemesanan pada Oki. Ia mengaku memberikan harga yang lebih tinggi untuk pengiriman ke luar negeri.

Oki mengaku bahwa selama ini para pelanggannya cukup puas dengan hasil karyanya tersebut. Baik dari segi kualitas maupun segi finishing helmnya. Meski demikian, Oki tidak langsung berpuas diri dengan pencapaiannya. Ia merasa masih banyak yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas dalam pembuatan helmnya.

Dengan kreativitas, Oki sukses dengan usahanya tersebut. Semoga kalian yang membaca artikel ini dapat termotivasi untuk menciptakan hal baru. Dengan pengembangan usaha, kita juga membantu teman teman kita untuk mendapatkan sumber mata pencarian baru. Kita juga mengharumkan nama bangsa ketika produk kita disenangi oleh negara negara asing.

Kalian bisa langsung mendatangi tokonya di Komplek ruko Muara, Jalan lomban tobing no 25, Setabelan, Banjarsari, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Bila tertarik untuk membeli helm custom secara langsung. Helm custom juga dijual secara online.

Sumber informasi dan foto: Jawapos.com, Kompas.comhttps://www.instagram.com/troopercustom/?hl=en

Penulis: Weliam

Editor  : Weliam

1 thought on “Pria Asal Solo Sukses Menjual Helm Custom Hingga Mancanegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.