Naik Bus Bayar Dengan Sampah Plastik.

Suroboyo bus yang tidak dibayar dengan uang

IndonesiaBetter–  Bila anda berjalan jalan ke Surabaya, cobalah untuk menaiki angkutan umum bus disana. Anda akan menemukan sesuatu yang menarik tidak ada di kota lain. Ya, baru baru ini sedang viral naik bus hanya perlu membayar dengan sampah di Surabaya.

Hal ini bisa dicermati dari unggahan seorang penggunfa Facebook bernama Al-A’la Dzulfikar, baru-baru ini. Dia bercerita saat ingin berangkat dari Tunjungan Plaza menuju Terminal Bungur. Kala itu Dzulfikar sempat tidak bisa masuk ke dalam bus karena tidak memiliki sampah yang digunakan sebagai tiket pembayaran.

Image result for suroboyo bus
Suroboyo Bus merupakan bus unik bayar dengan sampah plastik di Surabaya

Baca Juga: INDONESIA MENARI 2018 KEMBALI DIHELAT DI 4 KOTA INDONESIA

Pembayaran Tidak Menerima Uang

Dzulfikar juga menuturkan bahwa seorang petugas menjelaskan bahwa bus itu hanya bisa diakses dengan tiket yang ditukarkan dari sampah plastik yang dibawa. Ia mengatakan “Saya langsung lemes. Apalagi malunya minta ampun. Semua mata memandang. Ia berpikir bahwa penumpang mungkin penasaran atau kesal karena dirinya terlalu lama menahan bus,”.

Untungnya, ada salah satu penumpang yang mau membantu dirinya untuk membayarkan tiket. Setelah naik dan berbicara dengan seorang penumpang, Dzulfikar baru sadar bahwa bus itu ternyata hanya memilikit sistem pembayaran dengan menukarkan botol atau gelas plastik.

Unggahannya yang ia bagikan, kemudian menjadi viral. Tercatat unggahan telah dibagikan sebanyak 4.000 kali dan disukai lebih dari 5.000 kali.

Kebijakan Pemerintah Surabaya

Bus  yang dikenal Suroboyo Bus merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah Surabaya sebagai komitmen untuk meminimalisir sampah plastik. Syarat agar bisa menaiki bus tersebut, penumpang hanya perlu membawa tiga botol plastik ukuran 1,5 liter atau lima botol plastik ukuran 550 mililiter (ml), 10 gelas air mineral kemasan, kantong kresek, untuk nantinya ditukarkan dengan tiket.

Calon Penumpang yang ingin menaiki Suroboyo Bus dapat menukarkan sampah plastik miliknya ke Bank Sampah yang telah disediakan. Selain hal tersebut, di setiap halte telah disediakan kotak penukaran yang telah terintegrasi bersama dengan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya. Sampah plasti yang telah ditukar tersebut nantinya akan diberikan kartu setor sampah yang selanjutnya dapat ditukarkan menjadi tiket naik Suroboyo Bus.

Mungkin anda juga tertarik untuk membaca: Program The Big Start Indonesia

Rute Suroboyo Bus

Suroboyo Bus memiliki rute masing masing dari Terminal Purabaya di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, melintasi jalur utama Kota Surabaya, hingga Jalan Rajawali. Sedangkan rute balik melewati Jembatan Merah, sampai ke Jalan Ahmad Yani, dan kembali ke Terminal Purabaya.

Ini merupakan salah satu kebijakan unik yang patut untuk di contoh. Kota kota besar terutama Jakarta, memiliki tingkat sampah yang cukup banyak di produksi setiap harinya. Dengan adanya sistem ini, setidaknya kota kota besar akan meminimalisir sampah yang dibuang ke kali. Untuk saat ini Gubernur Surabaya adalah ibu Tri Rismaharini. Ia merupakan salah satu kebijakan yang dikeluarkannya. Para Gubernur lain jangan malu untuk meniru kesuksesan program ini.

Baca Juga : KOMUNITAS PEDULI SAMPAH GUNUNG TRASHBAG COMMUNITY

Foto dan informasi artikel dikutip dari berbagai sumber di internet.

Penulis: Weliam

Editor  : Weliam

2 thoughts on “Naik Bus Bayar Dengan Sampah Plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.