Rizka, Pencipta Superhero Asal Indonesia Pemenang Lomba UNICEF

IndonesiaBetter— Bicara mengenai superhero bukanlah hal yang asing di telinga masyarakat. Selama ini masyarakat diseluruh dunia, cukup banyak yang menggemari toko atau karakter superhero yang ada di komik Marvel maupun DC.

Sebenarnya masih banyak sastrawan yang mencoba membuat tokoh superhero, namun tidak semua karakter tersebut digemari oleh masyarakat. Namun baru baru ini ada seorang anak remaja bernama Rizka Raisa Fatiham Ramli, yang menciptakan tokoh superhero yang sanggup meraih prestasi Internasional, pada perlombaan Oktober 2018.

Tokoh superhero yang diciptakan oleh Rizka adalah seorang superhero bernama Cipta. Superhero tersebut diciptakan oleh Rizka sebagai hasil karya dalam partisipasinya mengikuti perlombaan UNICEF dan Comics Uniting Nations, dalam rangka untuk menyuarakan seruan untuk menghentikan penindasan anak di sekolah maupun lingkungan sekitarnya, pada Oktober 2018 lalu. Berkat superhero Cipta, Rizka mampu mengalahkan karya pesaingnya yang mencapai 3600 peserta dari 130 negara yang ada di dunia.

Inspirasi Rizka Menciptakan Superhero Cipta

Superhero cipta adalah tokoh yang terinspirasi dari berbagai karakter atau tokoh seperti Dora The Explorer, Velma dari Scooby Doo, dan berbagai sumber lainnya. Rizka juga memadukan pengalaman pribadinya untuk membuat tokoh superhero cipta dengan kekuatan super untuk menghidupkan berbagai objek yang digambar pada buku sketsa ajaibnya

Buku yang dihasilkan dari kekuatan superhero Cipta kemudian di berikan kepada anak anak sekolah yang mengalami kekerasan. Superhero Cipta sendiri memiliki inspirasi untuk membantu para siswa yang mengalami kekerasan di sekolah.

Menurut Rizka, seperti yang dikutip dari www.voaindonesia.com, tidak semua siswa berani melaporkan tindak kekerasan yang mereka rasakan. Perlu ada alternatif bagi para anak anak selain berbicara, untuk melaporkan masalah yang dialaminya.

Dengan superhero cipta, Rizka ingin agar anak anak bisa lebih vokal dalam menyuarakan perasaannya meski tidak dalam bentuk suara maupun perkataan. Tulisan dan gambar sendiri merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dianggap cukup efektif untuk menyampaikan pesan.

Penindasan sendiri saat ini menjadi fokus masalah bagi anak anak disekolahan. Diketahui menurut data UNICEF, Dikutip dari www.voaindonesia.com Sekitar  21% pelajar Indonesia berusia 13-15 tahun pernah mengalami kekerasan di sekolah maupun lingkungan disekitar tempat tinggalnya.

Perasaan Rizka Setelah Memenangi Perlombaan

Berbagai perasaan di rasakan oleh Rizka, gadis asal Makassar tersebut ketika mengetahui kemenangannya dalam perlombaan. Ia mengaku kaget, stress, bahkan tidak senang dengan kemenangan tersebut.

Saat ini Rizka sedang mempersiapkan diri untuk memasuki perguruan tinggi, dan takut aktivitas ini akan menghambatnya. Pasalnya, Rizka harus segera menyelesaikan cerita serta ilustrasi komik dengan superhero Cipta sebelum dateline dan dicetak pada Juli 2019, setelah pengumuman pemenang diberikan.

Namun demikian, Rizka tetap berkomitmen untuk menyelesaikan hasil karyanya dengan sebaik mungkin. Komik yang dicetak nanti juga akan dipamerkan pada forum internasional tingkat tinggi yakni Forum Politik Tingkat Tinggi tentang Pembangunan Berkelanjutan di Markas Besar PBB, New York. Rizka juga akan diterbangkan ke Amerika untuk berpidato sebagai pencipta karakter superhero Cipta. Komik karyanya nanti juga akan didistribusikan kelebih dari 100.000 sekolah yang ada di dunia, Ia juga akan berkolobrasi dengan Komikus terkenal bernama Gabriel Picolo.

Impian Menjadi Ilustrator

Dengan pencapaian tersebut, impian Rizka untuk menjadi ilustrator akan semakin terbuka lebar. Ia memiliki rencana untuk berkuliah di Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta atau Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB). Tentunya ada juga pertimbangan untuk melakukan kuliah di luar negri.

Rizka berharap hasil karya yang diciptakannya nanti akan menginspirasi teman teman dan anak anak di Indonesia, agar menjadi kreatif, berani mengekspresikan diri, dan juga mengembangkan potensinya. Pencapaian Rizka dan mimpinya perlu kita banggakan dan kita dukung.

Rizka Raisa Fatiham Ramli menjadi salah satu anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Tidak hanya superhero Cipta yang diciptakan Rizka dinilai akan menginspirasi anak anak di dunia, namun Rizka sendiri pantas untuk dikatakan sebagai seorang pahlawan untuk Indonesia yang lebih baik.

Informasi dan Gambar diambil dari www.voaindonesia.com, & UNICEF

Penulis: Weliam

Editor: Weliam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *