PT INKA, Manufaktur Kereta Api Penggerak Ekspor bagi Indonesia

IndonesiaBetter- Kabar menggembirakan datang dari industri kereta api kita dimana PT INKA selaku Badan Usaha Milik Negara untuk industri kereta api telah berhasil mengirimkan gerbong kereta produksinya untuk diekspor. Tepat hari Minggu tanggal 20 Januari 2019 kemarin, PT INKA yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto secara simbolis melepas pemberangkatan gerbong kereta pesanan Bangladesh untuk kloter pertama sebanyak 15 gerbong melalui pelabuhan Tanjung Perak,Surabaya.

Pengiriman tahap pertama ini merupakan realisasi dari tender pengadaan kereta oleh jawatan kereta api Bangladesh (Bangladesh Railway) yang dimenangkan oleh PT INKA pada tahun 2017 silam. Paket gerbong kereta yang dikirim oleh PT INKA ini meliputi 50 gerbong dengan tipe Broad Gauge untuk rel selebar 1,65 m dan 200 gerbong untuk tipe Meter Gauge untuk rel dengan lebar 1 m.

Yang istimewa, bukan kali ini saja Bangladesh memilih untuk mengimpor kereta dari Indonesia, pada tahun 2016 silam juga Bangladesh juga mempercayakan pengerjaan 150 gerbong kereta untuk kebutuhan moda transportasi antar kota. Sekedar Informasi tingkat kepadatan negara Bangladesh yang mencapai 1106 orang per km2  membuat kebutuhan transportasi publik di sana sangat besar.

Selain Bangladesh , negara-negara tetangga seperti Sri Lanka dan Filipina juga sudah pernah membeli kereta dari PT.INKA. Khusus untuk Filipina melalui perwakilan Philippine National Railways (PNR) selaku pemangku kepentingan perkeretaapian datang langsung ke Jakarta untuk memesan kereta buatan PT INKA dengan nilai kontrak sebesar 127,3 miliar rupiah.

Sementara beberapa negara-negara di Afrika turut melirik produk kereta api buatan PT.INKA karena harganya yang dianggap kompetitif dan kualitasnya tidak kalah dengan produsen tradisional seperti Eropa dan China. Beberapa negara Afrika yang sudah menunjukkan ketertarikannya antara lain adalah Senegal, Ethiopia, hingga Botswana.

Mendapat Dukungan dari Dalam Negeri

Sebagai salah satu industri kebanggaan Indonesia dan merupakan satu-satunya produsen kereta api di Indonesia, PTINKA mendapat banyak sokongan dari dalam negeri terutama dari pemerintah untuk mengerjakan proyek-proyek penting, salah satunya adalah dengan mempercayakan pengerjaan LRT atau Light Rapid Transit di Palembang untuk mendukung pengangkutan atlet pada perhelatan Asian Games 2018 yang lalu.

Selain itu juga PT INKA dipercaya untuk memimpin program peremajaan kereta api komuter oleh PT.Kereta Api Indonesia melalui perjanjian pengadaan 438 gerbong baru. Bahkan Kementerian Perindustrian juga menargetkan pada tahun 2025 PT INKA sudah bisa mengerjakan pembuatan kereta cepat seperti Shinkanshen yang ada di Jepang atau TGV yang ada di Uni Eropa. PT INKA juga mendapat dukungan berupa penyederhanaan rantai pasokan bahan baku dengan pengonsolidasian penyuplai bahan baku kereta seperti baja, metal, karet ke dalam Perkumpulan Industri Kecil Kereta Api (PIKKA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *