Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Penerus Bangsa

IndonesiaBetter- Karakter setiap orang pastinya akan memiliki perbedaan antara satu sama lain. Namun pembentukan nilai dari karakter terhadap seseorang biasanya tercipta dari lingkungan yang sama. Hal ini yang menyebabkan adanya pandangan bahwa suku A memiliki karakter tegas, sementara suku B memiliki karakter lembut.

Pada era milenial ini, pembentukan karakter semakin penting untuk mencegah masuknya ideologi dan faham-faham yang dapat merusak kehidupan berbangsa. Setiap manusia kini dapat berkomunikasi, sehingga pembentukan karakter tidak hanya tercipta dari lingkungan tempat manusia hidup.

Dengan karakter yang kuat dan kokoh, seseorang dapat mempertahakan karakternya, meski diserang oleh informasi informasi digital yang kemungkinan besar hoax. Hal ini juga sangat berpengaruh dalam kehidupan kita pada umumnya. Untuk menciptakan karakter yang kuat, tentunya pendidikan karakter perlu diutamakan.

Pengertian Karakter

karakter secara garis besar dapat dilihat sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat,temperamen, dan watak. Karakter dalam pengertian tersebut, menandai dan memfokuskan pengaplikasian nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah-laku. Orang yang tidak mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan, misalnya tidak jujur, kejam, rakus, dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang yang berkarakter jelek, tetapi orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.

Pengaruh Era Digital Pada Generasi Muda

Saat ini cukup banyak dari generasi muda yang menjadi korban sebagai akibat terlalu banyak menggunakan media sosial. Banyak platform elektronik yang saat ini dapat dengan mudah mengakses teknologi digital.  Hal ini sering menyebabkan tindakan-tindakan yang melanggar norma.

Kita dapat melihat, banyak generasi muda yang tidak memiliki karakter kuat. Menghina, menyebarkan kebencian, bahkan menerangkan informasi privasi seseorang yang tidak layak untuk diketahui publik. Tanpa sadar, para generasi muda telah terpengaruh dengan unsur negatif yang ada di Internet.

Pendidikan karakter yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang tidak hanya berkualitas secara hardskill tapi juga softskill serta attitude yang akan membawa suatu perusahaan semakin berkembang. Tentunya dengan pembentukan karakter yang baik, maka generasi kedepannya akan semakin berkontribusi untuk kemajuan Indonesia yang lebih baik.

Tentunya hal ini tidak serta merta menjadikan pendidikan karakter, sebagai tanggung jawab generasi muda semata. Para generasi pendahulu, seharusnya memberikan teladan, dan bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk mendidik para generasi muda. Apalagi banyak faktor yang menyebutkan bahwa generasi muda biasanya memiliki karakter yang cukup mirip dengan ayah dan ibunya.

Informasi dan Gambar diambil dari berbagai sumber di Internet

Penulis: Weliam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *