Pentingnya Marketing Digital Dalam Bisnis Jaman Kekinian

IndonesiaBetter—Bisnis jaman sekarang semakin sulit karena banyak persaingan, banyak orang yang memiliki ide serupa saling mendirikan bisnis mereka masing masing. Untuk dapat bersaing, banyak cara dan teknik yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah Marketing.

Marketing sendiri adalah suatu proses untuk memasarkan produk bisnis mu untuk memperkuat branding produkmu dan membuat orang tertarik untuk membeli produk bisnismu.

Nah, teknologi internet sendiri juga semakin maju. Kalau dulu cukup pasang di koran dan spanduk apalagi televisi sudah banyak orang yang kenal dengan produk kamu. Tapi sekarang untuk mengenalkan produk kamu tanpa menyebarkan banyak brosur atau pasang plakat, kamu cukup buka laptop dan menggunakan media marketing digital seperti Facebook Ads atau Google Adwords sudah sangat cukup untuk menghasilkan penjualan bagi bisnis milikmu.

Untuk mengunakan Marketing Digital tentunya kamu harus memilki website untuk sarana kamu menjual produkmu secara digital. Nah Website ini kamu ibaratkan toko milikmu yang menjual barang. Bagaimana cara mendatangkan tamu kedalam tokomu tersebut? Banyak metode tapi kali ini saya akan berikan 2 metode yang cukup simple.

Facebooks Ads atau Google Adwords

Kalau bicara masalah digital, dua media tersebut menjadi yang terbesar dalam digital marketing. Hamper semua masyarakat yang tau dan bisa menggunakan internet mengenal Google dan Facebook, akan tetapi. Untuk menggunakan media ini secara efektif ada baiknya kamu pelajari dulu perbedaan dan kesamaan dari kedua media ini.

Kesamaan Facebooks Ads dan Google Adwords

Kesamaan dan kekuatan dari dua media ini adalah mereka dalam melakukan promosi produk kepada semua orang yang ada di internet, akan melakukan Analisa tipe barang yang biasa kamu cari di internet sebelum memasarkannya. Jadi bila kamu hobi produk gadget, saat browsing akan muncul banner banner yang berhubungan dengan gadget dan ini adalah ulah mereka.

Perbedaan Facebooks Ads dan Google Adwords

Walaupun dua media ini sama sama memberikan Analisa sebelum menawarkan produkmu, akan tetapi ada perbedaan mencolok dalam bagaimana mereka mengambil datamu. Pada Facebook Ads, mereka menawarkan produk berdasarkan Data data yang kamu isi dari umur, wilayah kamu tinggal, lingkup pertemanan yang kamu miliki, akan tetapi pada Google Adwords, mereka menawarkan kamu produk yang sering kau search pada browser google.

Bila masih bingung, begini contoh mudahnya. Bila kamu sering menulis kopi pada mesin pencari Google, maka setiap kamu menjelajahi situs situs, bila situs tersebut menampilkan Google Adwords, maka yang akan tampil adalah kopi.

Tetapi bila kamu menggunakan Facebooks ads, bila kamu sedang menelusuri menu Home. Karena produkmu adalah dari Indonesia, maka yang akan melihat produkmu tentunya adalah orang Indonesia, atau yang mendaftar dan mengisi negara Indonesia sebagai tempat asal.

Dan tentunya orang yang terhubung pertemanan oleh mu juga akan mendapatkan promosi dari Facebook di halaman beranda mereka.

2 Cara ini punya kelebihan dan kekurangan masing masing, tapi semua tergantung kepada produk yang akan kamu jual.  Bila menggunakan Facebook Ads untuk menjual produk yang memiliki jenis terbatas seoerti kosmetik. Kemungkinan untuk mendapat kan pembelian akan meningkat, tapi kalau kamu menjual berbagai macam produk, sebut saja seperti tokopedia, menggunakan Google Adwords akan lebih efektif karena akan memisahkan jumlah produk yang tayang.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah menggunakan salah satu dari dua media tersebut sama sama akan memberikan branding pada bisnis anda, akan tetapi untuk mengoptimisasi pemakaian dan menekan biaya marketing yang tidak sedikit dari penggunaan media Digital Marketing ada baiknya anda mengidentifikasi jumlah produk yang bisnis anda miliki.

Bila kamu memilki banyak jenis produk yang berbeda pakai Google Adwords, dan bila jenis produkmu sedikit, pakai Facebook Ads. Simpelkan? Tetapi bila kamu punya banyak uang tidak ada salahnya untuk menggunakan dua media diatas sekaligus sekian, Salam sukses.

Semakin orang yang mengerti cara menggunakan strategi marketing, maka kemungkinan besar usahanya akan lebih lancar. Peran marketing dalam mencari potensial customer sangat penting dalam era digital saat ini. Hal tersebut dikarenakan banyaknya populasi masyarakat yang kini memiliki akses internet.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang berusaha memulai bisnis.

Informasi dan Gambar diambil dari berbagai sumber di Internet.

Penulis: Weliam

Editor: Weliam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *