Pendidikan Mitigasi Bencana Mulai Tahun Ajaran 2019

IndonesiaBetter— Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan pendidikan dasar-dasar keterampilan hidup atau basic life skills kepada para siswa di Indonesia. Pendidikan tersebut salah satunya yakni berkatian dengan pendidikan mitigasi bencana.

Setidaknya ada 5 paket modul sudah disiapkan Kemendikbud, yakni tentang bahaya narkoba, menangkal radikalisme, kesadaran hukum berlalu lintas, pendidikan antikorupsi, dan terakhir pendidikan mitigasi bencana.

Kelima modul tersebut tidak akan menjadi mata pelajaran khusus, melainkan akan dilebur ke dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Artinya dalam satu mata pelajaran, yakni PPK, akan memasukan modul tersebut sebagai bahan pembelajaran yang diberikan kepada para siswa. Direncanakan modul tersebut akan telah terintegrasi pada tahun ajaran 2019.

Mendikbud juga menegaskan, pendidikan mitigasi bencana yang dimasukkan ke dalam kurikulum tidak akan berupa mata pelajaran khusus. Secara teknis, jelas Mendikbud, pendidikan mitigasi bencana diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar tanpa melalui mata pelajaran khusus.

Menurutnya proses belajar mengajar harus dibuat secara efisien, berdasarakan waktu mengajar. Selama ini telah ada ketentuan guru mengajar selama delapan jam. Hal ini menurutnya untuk memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengatur jam belajar yang lebih efisien.

Mendikbud menuturkan, pendidikan mitigasi bencana membutuhkan keterlibatan semua pihak, baik sekolah, orang tua, masyarakat, maupun kementerian/lembaga lain. Sebelumnya Kemendikbud telah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dalam penyusunan modul dan pemberian pelatihan kecakapan hidup.

Menurutnya pembelajaran modul hanya memerlukan beberapa kali pertemuan. Ia memberikan guru untuk mengatur, seberapa lama setiap modul mendapatkan alokasi waktu untuk diajarkan kepada para siswa.

Mendikbud menjelaskan perlu adanya kecapakan khusus yang perlu diberikan kepada siswa. Salah satu modul yang telah rampung adalah Pendidikan Tangguh Bencana yang disiapkan dengan bekerja sama dengan BNPB.

Informasi dan Foto diambil dari berbagai sumber di internet.

Editor: Weliam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *