Pemerataan Pendidikan Dengan Bantuan TIK Di Sekolah Indonesia

Kemendikbud memberikan bantuan berupa perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk 70 sekolah di daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T).

IndonesiaBetter— Pendidikan merupakan kunci sukses untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan kemajuan pendidikan, ekonomi dan pembangunan negara akan semakin maju. Hal tersebut disadari betul oleh pemerintah saat ini.

Untuk mewujudkan layanan pendidikan bermutu, mudah diakses, dan terjangkau bagi semua, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan bantuan berupa perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK) kepada 70 sekolah di daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T).

Edukasi Berbasis TIK Pada 2023

Mendikbud menjelaskan, bahwa pemerintah sangat mengerti dan dalam menangkap persoalan, khususnya dalam memberikan pemerataan pendidikan. Prioritas daerah 3T tidak ditujukan dikota metropolitan. Justru sebaliknya, bantuan diberikan pada kota kecil di pinggiran, dan terpencil.

Mendikbud merencanakan agar pada tahun 2023, sekolah di Indonesia telah benar benar menggunakan teknologi informasi. Dengan demikian, Indonesia siap untuk menyongsong era 4.0. terang Mendikbud.

Pemerataan Kualitas Materi Sekolah Dengan TIK

Jenis bantuan yang diberikan oleh Kemendikbud kepada setiap sekolah berupa 4 laptop, 1 LCD proyektor, 1 perangkat akses internet, dan 1 hard disk ekternal dengan materi materi Rumah Belajar.

Dengan perangkat TIK tersebut, Mendikbud berharap sekolah di daerah 3T dapat mengakses materi yang ada pada wilayah perkotaan. Dengan demikian, sekolah-sekolah yang ada diwilayah 3T tidak tertinggal, dan memiliki kualitas sejajar dengan sekolah di perkotaan.

Dalam pemberian koneksi internet di sekolah daerah 3T, Kemendikbud akan bekerja sama dengan Kemenkoinfo mengeluarkan program Universal Service Obligation atau USO. Pada pemberian perangkat TIK di tahun 2018, dalam penggunaannya Kemendikbud telah memberikan program bimbingan teknis pemanfaatan TIK kepada guru di Sekolah Garis Depan. Bimbingan tersebut diselenggarakan pada tanggal 2-5 Desember 2018, di Bali.

Penyebaran TIK Di 2019

Pada tahun depan, Mendikbud merencanakan untuk menyalurkan 4.000 bantuan TIK. Bantuan tersebut kembali akan dibagi kewilayah 3T yang belum mendapatkan bantuan pada tahun ini.

Mendikbud juga meminta kepada seluruh sekolah yang telah mendapatkan bantuan TIK, agar dapat memangaatkan dengan baik. Dengan TIK, para sekolah juga dapat membangun interkoneksi antar sekolah. Dengan hal tersebut, sekolah dapat bekerja sama dengan sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pentingnya TIK Bagi Perkembangan Ekonomi Indonesia

Diketahui bahwa Saat ini di Indonesia, semua sub-sektor di bidang ekonomi telah mengarah ke teknologi digital. Dengan demikian, pada kedepannya, ekonomi Indonesia akan bertitik berat pada basis teknologi informasi dan komputer.

Hal tersebut nyata adanya, dengan pertumbuhan industri kreatif berbabis teknologi. Sebut saja toko online yang kini menjamur. Dan juga perusahaan fintech serta edutech. Para warga Indonesia diharapkan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari.

 

Foto dan informasi artikel dikutip dari berbagai sumber di internet.

Penulis: Weliam

Editor  : Weliam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *