Pelajar Indonesia Catat Prestasi Pada Olimpiade Matematika Di Malaysia

IndonesiaBetter — Olimpiade matematika adalah kompetisi bergengsi yang dapat mengharumkan nama bangsa. Mencetak prestasi bukanlah hal mudah, berbagai negara mengirimkan pelajar terbaik dari masing masing wilayah.

Namun demikian, Pelajar Indonesia kali ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional. Prestasi tersebut diberikan oleh tim olimpiade matematika dari Ilham Mathematics Training Center (IMTC).

Tim yang dipimpin Taufik Hidayah tersebut, berhasil meraih 3 medali perunggu dan posisi kedua pada komteisi yang berlangsung di SJK(C) Lik Hung, Selangor, Malaysia. Olimpiade diadakan pada tanggal 23 November hingga 27 November. Kompetisi ini diikuti oleh 11 negara antara lain Australia, China, Hongkong, Indonesia, Macau, Nepal, Filipina, Srilanka, Taiwan, Vietnam, dan Malaysia sebagai tuan rumah.

Pelajar Indonesia berhasil meraih 3 medali perunggu dan 2nd Runner Up di ajang Malaysia International Mathematics Olympiad di SJK(C) Lik Hung, Selangor, Malaysia.
4 Pelajar yang berhasil meraih medali perunggu dan juara kedua dalam kompetisi tim

4 Pelajar Berprestasi

Berdasarkan keterangan pers, tim Indonesia terdiri dari 4 pelajar yang berasal dari 4 sekolah berbeda. Mereka adalah Farras Ghani Boryenka (kelas 6) dari SDI Al Azhar 27 Cibinong Bogor, M Nabil Dary Syawal (kelas 5) dari SDI Al Azhar 10 Serang, Irzan Putra Maula (kelas 5) dari SDI Al Azhar 23 Jati Kramat Bekasi, dan Azizi Adha Haryadi (kelas 5) dari SDI Al Azhar 46 GDC Depok, seperti yang dilansir dari bogorplus.com.

Adapun ketiga medali perunggu, masing masing diraih oleh Farras, Nabil, dan Azizi dalam kategori Individual contest. Selain capaian tersebut, penghargaan 2nd Runner Up dicapai dalam kategori kompetisi tim.

Kompetisi Tahunan

photo
Tim Olimpiade Ilham Mathematics Training Center

Taufik Hidayah selaku ketua tim menjelaskan bahwa MIMO merupakan kompetisi matematika tingkat internasional yang dilaksanakan setiap tahun. Kompetisi tersebut diperuntukkan bagi siswa jenjang Sekolah Dasar.

Menanggapi hasil yang telah dicapai, Taufik mengaku bangga atas perjuangan tim. Ia berharap tim Indonesia mendapatkan pengalaman yang berkesan dengan dapat menjalin persahabatan antar siswa dari negara-negara peserta, seperti dilansir dari bogorplus.com.

Meskipun soal yang disajikan dalam kompetisi cukup sulit, hal tersebut tampakanya tidak membuat Farras gentar, Ia melihat soal yang disajikan sebagai sebuah peluang untuk meningkatkan kemampuannya.

Hal sama juga diungkapkan oleh M. Nabil Dary Syawal. Pelajar yang memiliki hobi main sepak bola ini mengaku terkesan karena baru pertama kali mengikuti lomba internasional.

Selain olimpiade matematikan, berbagai kompetisi lainnya juga dipertandingkan secara internasional. Kita berharap, para pelajar Indonesia dapat mencetak prestasi lainnya pada kompetisi serupa. Tidak hanya mengharumkan bangsa, prestasi tersebut menjadi motivasi, bahwa Indonesia memiliki SDM yang berkualitas.

Sumber dan Foto diambil dari Replubika.co.id dan Bogorplus.com

Penulis: Weliam

Editor  : Weliam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *