Memperkokoh Bhinneka Tunggal Ika Dengan Toleransi

IndonesiaBetter— Indonesia diketahui merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau. Hal ini menyebabkan Indonesia kaya akan berbagai jenis flora dan fauna endemik di wilayahnya. Kekayaan Indonesia namun tidak hanya pada terdapat pada kekayaan alam semata, namun juga kekayaan budaya yang dimiliki oleh berbagai jenis suku yang berada di Indonesia.

Bisa dikatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah suku atau etnis terbanyak di dunia. Menurut data yang didapat dari  vistawide.com, Indonesia memiliki 742 bahasa daerah, dan 709 bahasa daerah menurut SBS.com. Meski demikian bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Indonesia Kaya Akan Budaya, Suku, Agama, Ras, Golongan

Dengan berbagai jenis suku etnis yang ada di Indonesia, hal ini memiliki sisi positif dan negatif dalam kehidupan berbangsa. Pada satu sisi dengan kekayaan budaya, masyarakat dapat mengkombinasikan nilai positif yang ada pada berbagai budaya untuk menghasilkan hal yang positif.

Sayangnya nilai negatif juga terdapat dari banyaknya keberagaman budaya di Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki resiko untuk dipecah dan diadu domba, karena beberapa orang masih memilih pertemanan berdasarkan suku maupun etnis seseorang berasal.

Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Pedoman

Untuk mengatasi hal tersebut, Indonesia sebenarnya sudah memiliki sebuah solusi yang dirancang oleh pahlawan pejuang kemerdekaan. Ya, hal tersebut adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya Berbeda beda tapi tetap satu. Dengan semboyan tersebut, para pahlawan kemerdekaan ingin bangsa ini tetap bersatu meski memiliki suku agama ras yang berbeda.

Sayangnya semboyan Bhinneka Tunggal Ika semakin tergerus mengikuti perkembangan jaman. Apalagi dengan adanya dunia Internet, dimana hampir setiap orang dapat berkomunikasi. Penyebaran hoax dan berita berita provokatif sering menggesek rasa persahabatan yang telah dipupuk oleh generasi pendahulu.

Untuk mencegah bangsa Indonesia terhindar dari perpecahan, sehingga dapat dimanipulasi oleh pihak asing, ada baiknya kita sebagai generasi pemuda saat ini untuk menggalakkan kembali semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dimana kita sebagai sesama rakyat Indonesia harus saling bertoleransi satu sama lain.

Menjalin Pertemanan Tanpa Membedakan SARA

Perbanyak jaringan pertemananmu dengan sesama dari berbagai latar belakang. Jangan Anda sengaja menghindari pertemanan karena orang tersebut berasal dari suku tertentu. Hormati juga setiap orang yang sedang melakukan Ibadah, seperti di Masjid, Gereja, maupun Vihara.

Bagi kalian yang masih merupakan generasi pemuda, ada baiknya untuk membuat komunitas dan melakukan kegiatan sosial. Selain menambah koneksi pertemanan, kamu secara tidak langsung telah membantu untuk menanamkan jiwa toleransi kepada orang yang kamu tolong

Pentingnya rasa toleransi juga dapat mencegah terjadinya perselisihan yang dimanipulasi oleh pihak pihak tertentu. Ingat Bhinneka Tunggal Ika artikenya adalah Unity in diversity, Bila ingin Indonesia menjadi bangsa kuat yang bisa seimbang dengan negara seperti Jepang, Amerika, China, Russia, anda harus menanamkan rasa toleransi dan nasionalisme terhadap sesama rakyat Indonesia.

Bila kita amati dari negara negara maju yang ada di dunia. Kita bisa lihat, meskipun ada konflik, dalam garis besar, rakyat negara tersebut saling erat menjalin hubungan dengan sesamanya. Dengan adanya toleransi, kita juga akan semakin menghargai negara tempat kita berada yaitu Indonesia dan menumbuhkan rasa Nasionalisme. Pada akhirnya, untuk menjadikan Indonesia lebih baik, Anda diharapkan untuk mulai meningkatkan rasa toleransi untuk memperkokoh semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Salam sejahtera.

Informasi dan Gambar diambil dari berbagai sumber di Internet

Penulis: Weliam

Editor: Weliam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *