Kuota Beasiswa Bidikmisi Akan Dinaikan 50% Tahun 2019

IndonesiaBetter— Awal tahun 2019, tentu harus dibarengi dengan berita baik yang dapat membangkitkan motivasi kita. Berita baik kali ini adalah mengenai pengembangan SDM melalui peningkatan beasiswa Bidikmisi.

Pemerintah akan berfokus pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia pada tahun 2019. Rencananya, alokasi anggaran untuk pendidikan tinggi akan ditingkatkan, termasuk kuota bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Menurut penjelasan Menristekdikti, Mohamad Nasir, ini merupakan keinginan dari Presiden, untuk memprioritaskan pembangunan SDM menggeser pembangunan infrastruktur.

Kenaikan kuota penerima beasiswa ini disampaikan Menristekdikti saat memberikan Kuliah Umum “Membangun Generasi Milenial Indonesia yang Berkarakter dengan Semangat Prestasi” di Auditorium Profesor Wuryanto Universitas Negeri Semarang Pada 2 Januari 2019.

Mengutip dari siaran pers Kemenristekdikti, tahun 2018 kuota nasional Bidikmisi mencapai angka total 85 ribu mahasiswa. Dengan demikian, pada tahun 2019, Pemerintah akan meningkatkan anggaran Bidikmisi agar penerimanya bisa mencapai 130 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Nasir membagikan kiat untuk berkompetisi di era Revolusi Industri 4.0 kepada mahasiswa Bidikmisi Unnes. Menteri Nasir menjelaskan pentingnya bagi mahasiswa untuk membuat visi hidup dan target yang akan dicapai minimal untuk 10 tahun ke depan.

Bagi masyarakat, beasiswa Bidikmisi telah diakui sangat bermanfaat. Beasiswa itu dinilai akan membantu memotong mata rantai kemiskinan karena anak-anak dari keluarga tidak mampu dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dan mewujudkan kehidupan lebih baik.

Jalur beasiswa lain Pada 2018 mahasiswa Unnes yang mendapatkan Program Beasiswa Bidikmisi berjumlah 1208 mahasiswa dengan total mahasiswa aktif penerima Bidik Misi berjumlah 6004 mahasiswa.

Selain Bidik Misi, Pemerintah melalui Unnes juga memberikan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik kepada 1320 mahasiswa pada 2018. Unnes juga menerima mahasiswa yang mendapat Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua, Papua Barat dan wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal dengan jumlah mencapai 108 mahasiswa.

Rektor Unnes Fathur Rokhman memaparkan, mahasiswa Bidikmisi di kampusnya telah menunjukkan prestasi yang gemilang. Selain berprestasi dalam akademik, mahasiswa bidikmisi diketahui banyak yang berhasil menjadi pengusaha sukses dan inovator.

Menurut penjelasan Rokhman, beberapa mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bidikmis bahkan ada yang memutuskan untuk mengundurkan diri. Hal tersebut dikarenakan mereka telah berhasil menjalankan wirausahanya, dan memberikan kesempatan untuk para adik kelas mendapatkan kesempatan yang beharga tersebut.

Dengan adanya target kenaikan beasiswa Bidikmisi, diharapkan hal ini akan semakin mendorong pertumbuhan ekonomi dan memutuskan mata rantai kemiskinan di Indonesia. Setiap orang akan lebih mudah untuk menggali ilmu demi masa depan yang lebih baik. Tentunya hal tersebut semua dilakukan untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Semoga dengan membaca artikel ini, beberapa diantara kalian menjadi terinspirasi untuk berkembang dan berprestasi untuk Indonesia yang lebih baik

Informasi dan Foto diambil dari berbagai sumber yang ada di Internet

Editor: Weliam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *