Komunitas Bakoel Online Bantu Pelaku UKM hadapi Revolusi Industri 4.0

IndonesiaBetter-Revolusi Industri 4.0 merupakan suatu keniscayaan yang dapat mengubah pola produksi dan penggunaan sumber daya manusia di kemudian hari, dimana digitalisasi dari berbagai layanan transaksi seperti yang sudah kita rasakan belakangan ini akan berpadu dengan maraknya penggunaan sistem kecerdasan buatan pada tiap aspek kehidupan manusia.

Hal ini tentunya menjadi perhatian khususnya bagi para pelaku usaha kecil dan menengah atau biasa dikenal dengan nama UKM yang berorientasi menumbuhkan usahanya. Pemerintah sebetulnya sudah mewanti-wanti dan mempersiapkan bagaimana teknis pelaksanaan dan pedoman mengenai penggunaan teknologi awam dari revolusi industri ini, namun masih dirasa kurang menyentuh lapisan terbawah. Kondisi ini yang mendorong Komunitas Bakoel Online untuk mendorong para pelaku UKM agar dapat memasarkan produknya secara daring.

Layanan UKMgood.com

Komunitas Bakoel Online seperti yang diakui oleh pendirinya, Shinta Murniati memang terpanggil untuk membawa derajat para pelaku usaha UKM naik. Dengan pesatnya fenomena e-commerce dan tingkat penetrasi internet masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi, Shinta menginisiasi program untuk percepatan ini.

Salah satunya adalah dengan membuka layanan ukmgood.com situs daring pencacah para pelaku dan produk dari UKM yang dinaungi oleh Bakoel Online. Dimulai dari kota Malang pada tanggal 12 November 2018 silam, ukmgood.com nantinya direncanakan untuk mempermudah para pelaku ukm menekuni channel daring yang belum tergarap sempurna.

Bakoel online mengakui bahwa minat tinggi untuk mencoba jalur daring rupanya tidak akan jalan apabila tidak diiringi oleh pengetahuan pengoperasian jalur daring  yang benar.

Mengajak Terjun Langsung

Sadar bahwa konsep revolusi industri 4.0 tidak begitu mudah untuk dikuasai orang awam, pendiri ukmgood.com Riski Riswandi tidak memasang target muluk-muluk. Di awal peluncuran, ia berharap agar para ukm bergabung terlebih dahulu, “urusan mengerti atau tidak belakangan” tukasnya.

Ia berharap minimal UKM di kota diluncurkannya program UKMgood.com ini menyambut positif. Ia mengungkapkan bahwa  denagan jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) di Malang pada 2017 yang mencapai 3.355 unit, ia berharap nilai kapitalisasi pasar ukm bisa melesat melebihi angka 1,86 milliar rupiah. Bila hal tersebut tercapat, tentu UKM UKM yang ada di Indonesia akan sangat terbantu. Kita doakan saja, agar upaya dari komunitas ini bisa berjalan lancar untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

Gambar dan Informasi diambil dari berbagai sumber yang ada di Internet

Editor: Weliam

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *