Jakarta Youth Choir Harumkan Nama Indonesia di Roma

IndonesiaBetter- Satu lagi kabar yang menggembirakan bagi Indonesia datang dari tim paduan suara Jakarta Youth Choir (JYC) yang berlomba di Roma dalam ajang Festival Internazionale Chorus Inside Advent 1-3 Desember 2018 kemarin. Jakarta Youth Choir pun berhasil menggondol predikat juara umum Grand Prix dengan mengalahkan tim-tim paduan suara lainnya yang berasal dari Kroasia, Rusia,Polandia, Perancis, Amerika Serikat, Ghana, hingga tuan rumah Italia.

Lebih detailnya Tim Jakarta Youth Choir mendapat penghargaan sebagai penampil terbaik untuk kategori Mixed, Sacred, dan Folklore serta mendapat predikat koreografi terbaik serta special award untuk konduktor terbaik yaitu Septo Adi Simanjuntak.

Lebih hebatnya lagi, selain berhasil memenangkan penilaian juri yang terdiri dari Pasquale Veleso, Gisselle Elgyptia, dan Ines Drndic, Jakarta Youth Choir juga berhasil mendapat pujian dari Presiden ajang kontes paduan suara tersebut, Davide Recchia. Menurut Recchia, Jakarta Youth Choir merupakan satu-satunya kontestan yang pernah mendapat predikat sempurna.

Bahkan Jakarta Youh Choir berhasil menjadi juara dengan membawakan lagu yang benar-benar merepresentasikan keragaman kultur dan kebudayaan di Indonesia dengan membawakan lagu daerah. Lagu-lagu daerah yang dibawakan oleh Jakarta Youth Choir terdiri dari Soleram, Yamko Rambe Yamko, Bungong Jeumpa, dan Hela Rotan.

Selain itu mereka juga membawakan lagu-lagu dari aliran klasik seperti Gloria Patri. Bagi Tim Paduan Suara JYC sendiri, hal ini juga merupakan kesempatan berharga karena dapat tampil di tempat-tempat bersejarah di Italia seperti Pantheon dan Gereja Santa Maria Portico.

Jakarta Youth Choir sendiri merupakan didikan dari Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta yang langsung dibawahi oleh Gubernur DKI Jakarta. Dengan mengusung slogan We Sing For The City and Country, Jakarta Youth Choir ini sendiri memiliki latar belakang anggota yang cukup beragam seperti pelajar, pekerja muda, wiraswasta hingga profesional pelatih paduan suara.

Selain itu JYC sendiri juga rutin menjaring talenta baru untuk bergabung dan memberi pelatihan kepada masyarakat awam yang ingin mengenal dunia paduan suara. Dalam setiap kesempatan, mereka memang berkomitmen untuk terus membawakan lagu-lagu yang bernuansa kedaerahan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Penghargaan di festival di Italia ini sendiri juga bukan yang pertama kalinya mereka menangkan. Sebelum ini mereka berhasil memenangkan penghargaan Best Performance dalam ajang Beijing Dancing Joy 2018 dan Dalian Exchange Week of Culture and Art 2018, Juara satu di ajang Lanna International Choir Competition di Chiang Mai 2016, dan mendapat penghargaan Best Performers dalam ajang Orientale Concentus International Choral Festival 2018 yang digelar di theater terkenal Esplanade.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *