Jualan Panci, beriklan 1M per hari di Facebook.

kesuksesan bisnisnya tidak lepas dari Facebook Ads.

Chariman PT. Yoshugi Media Group yang jago berjualan lewat Facebook
Yoyok Rubiantono(Kanan) Memiliki bisnis dengan penjualan produk menyaingi Amazon
IndonesiaBetter— Tidak ada kata tidak mungkin bagi seorang Yoyok Rubiantono. Dia merupakan pemilik bisnis PT. Yoshugi Media Group yang menjual panci hampir keseluruh pelososk dunia. Yoyok bisa dikatakan sebagai anak emas dari Facebook Indonesia. Bayangkan saja bila sehari dia bisa mengeluarkan biaya 1M untuk iklan. Minimal dia akan mengeluarkan sekitar 25 M dalam sebulan. Menurut Yoyok Rubiantono, kesuksesan bisnisnya tidak lepas dari Facebook Ads. Dengan merendah ia menjelaskan kalau bisnisnya hanya menjual panci. Dilansir dari bisnis.tempo.co, saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta. Lalu bagaimana bisa, hanya dengan jualan panci sanggup menggelontorkan dana  1 M untuk iklan. Jawaban sederhanapun di berikan Yoyok Rubiantono. Panci ia yang dijual oleh perusahaannya memiliki pasar hampir ke berbagai pelosok dunia kecuali 2 negara. Ya, 2 negara itu adalah Korea Utara dan Indonesia.

Merintis Bisnis Dari Masa Kuliah

Yoyok kemudian dengan terbuka membagikan pengalaman awal dia merintis bisnis tersebut. Menurutnya, ia telah menjalani bisnis dengan digital marketing menggunakan Facebook kurang lebih selama 5 tahun. Dijelaskan Yoyok bahwa bisnis ini telah ia rintis dari kuliah. Banyak buku mengenai bisnis yang telah ia baca. Karyawan PT. Yoshugi Media Group kini telah berjumlah sekitar 70 orang yang berkantor di Bantul. Sedangkan 40 karyawan Customer Services berlokasi di Filipina. Alasan Yoyok memilih Filipina karena memang rakyat Filipina sesuai dengan target pasar Amerika Serikat. Mereka jago dalam berbahasa Inggris. Saat awal, budget iklan tidak sebesar saat ini. Ketika Yoyok menemukan kuncinya, dia baru berani menaikkan biaya iklan pada Facebook. Dengan biaya yang dikeluarkan, tidak heran bila Facebook menjadikan Yoyok sebagai pengguna terhormat. Ia bahkan diundang ke kantor Facebook di Singapura dan Jakarta.

Target Pasar Di Amerika Serikat

Bisnis Yoyok, PT Yoshugi Media Group berlokasi di Bantul, Yogyakarta. Ia mengepalai bisnis penjualan panci yang kini merambah ke peralatan elektronik hingga seluruh dunia. Namun demikian, 90% target pasar Yoyok adalah Amerika Serikat. Ketika ditanya kenapa Yoyok memiliki ide berjualan panci. Pria yang ramah dan murah hati ini hanya menjawab singkat. ““ Setiap dapur milik orang Amerika Serikat pasti butuh panci” Karena hal tersebut, ia memutuskan bahwa menjual panci akan laku. Sebelum dia menentukan produk penjualannya. Yoyok telah terlebih dahulu melakukan riset pasar. Ia melakukan peninjauan kepada kebutuhan target pasar yang. Tidak hanya panci, peralatan elektronik lainnya juga dijual oleh Yoyok. Sebut saja seperti Android TV.

Saingi Amazon

Yoyok menjelaskan bahwa produknya memiliki harga yang lebih mahal dari Amazon.  Harga produk dari Yoyok mencapai 80$, sedangkan Amazon menjual produk yang sama hanya dengan 37$. Meski demikian, penjualan produk miliknya dapat mengalahkan Amazon. Hal ini tidak lepas dari andil Facebook Ads yang ia gunakan sebagai teknik pemasaran digital. Dikarenakan bisnis dropship Yoyok memiliki tingkat penjualan tinggi, ia telah menciptakan merek sendiri untuk produk produknya. Barang tersebut dikirim dari pabrik yang berlokasi di China langsung ke rumah rumah konsumen di Amerika Serikat. Pengiriman tentunya dilakukan oleh sebuah perusahaan logistik terkemuka di dunia. Facebook ads memang merupakan digital marketing yang terbukti efektif. Namun demikian, tidak semua orang dapat menggunakannya. Bila anda tidak ahli dalam melakukan riset, yang ada malah menimbulkan kerugian. Menurut salah satu ahli digital marketing, Dewa Eka Prayoga. Pemasaran Facebook dapat dengan efektif mendatangkan pembeli, selain dari pencarian dengan SEO. Namun anda perlu melakukan riest pada startegi pemasaran digital yang paling cocok anda gunakan. Dengan penjelasan tersebut, tentunya Google Ads yang juga sering digunakan oleh perusahaan bisnis juga punya tingkat keefektifan sebanding Facebook. Semua kembali kepada produk yang akan dijual. Target pasar akan menjadi penentu, apakah anda harus menggunakan Facebook Ads atau Google Ads. Sumber: Tempo.com Penulis: Weliam Editor  : Weliam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *