Denfest 2018, Bertema Diet Kantong Plastik

Image result for Denfest 2018
Ilustrasi: Perayaan Festival Denfes 2018 akan segera digelar di Denpasar, Bali Sumber: bali-travelnews.com

IndonesiaBetter— Menjelang penutupan tahun 2018, Denpasar Festival akan kembali digelar di penghujung tahun. Perayaan Denfest 2018, akan dimulai dari tanggal 28 Desember, sampai dengan 31 Desember 2018.

Denfest adalah singakatan dari Denpasar Festival, dan Festival ini telah diselenggarakan Pemerintah Kota Denpasar setiap tahunnya. Festifval dirayakan sekaligus untuk menyambut pergantian tahun. Denfest kali ini dipusatkan di Patung Catur Muka, Jalan Gajah Mada-Jalan Veteran hingga Kawasan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung.

Dikarenakan Denfest diadakan setiap tahun, festival ini bahkan telah ditetapkan sebagai Acara Kalender Nasional yang wajib dikunjungi oleh masyarakat. Namun pengunjung tidak terbatas pada masyarakat di Kota Denpasar. Diketahui pengunjung Denfest datang dari berbagai wilayah di Bali dan tentunya para wisatawan yang berasal dari luar bali.

Tema Diet Kantong Plastik

Di setiap tahun, Denfest selalu mengusung tema khusus yang berubah, sebagai wujud nyata implementasi Sewaka Dharma. Pada tahun ini, festival mengangkat kampanye positif dalam mengurangi kantong plastik.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kasubang Pengumpulan Informasi dan Publikasi Pemerintah Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com. Masih menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk ajakan positif untuk bersama-sama mengurangi penggunaan kantong plastik sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap kelestarian alam.

Mengajak Masyarakat Meminimalisir Penggunaan Plastik

“Diet kantong plastik ini saya rasa akan menjadi kebiasaan yang positif jika dibiasakan, sering kita dengar pepatah alam bisa karena biasa, jadi kalau sudah biasa bawa kantong belanja sendiri kan bagus,” terangnya, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com.

Berbagai stand dipastikan akan memenuhi sudut-sudut area Denpasar Festival Tahun 2018. Stand-Stand Kuliner khas daerah akan membanjiri seputaran Gajah Mada hingga Jalan Veteran. Kuliner yang disajikan di areal Denpasar Festival rata-rata merupakan kuliner tradisional khas Bali dan tentunya meminimalisasi penggunaan plastik.

Selain hal tersebut terdapat juga stand fashion/UMKM, serta panggung-panggung hiburan yang memberikan kesempatan masyarakat untuk menunjukan kreatifitasnya. Pergelaran Denfest 2018, secara khusus berusaha untuk meminimalisasi penggunaan kantong plastik ataupun kemasan makanan yang berbahan plastik. “Tentu ini mendukung kebijakan Walikota Denpasar dalam mengurangi penggunaan kantong plastik, sebagai wujud kepeduliaan terhadap lingkungan,” tambah Hendar, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com.

 

Sumber dan Informasi diambil dari Tribunnews.com dan berbagai sumber lainnya di Internet.

Editor: Weliam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *