Sosok Denny Ertanto Dibalik Kesuksesan Avengers End Game

(Foto: Hargo)

Siapa yang sudah menonton film terbaru Avengers: End Game? Kalian pasti tahu kode rahasia “don’t spoiler” yang sempat menjadi trending topic di jagad maya.

Tidak ada satu pun aktor, aktris dan para kru yang terlibat dalam film berdurasi 3 jam ini yang mau menceritakan bagaimana akhir jalan cerita film Avengers.

Akan tetapi, soal siapa saja yang terlibat dibalik layar, tim marketing film Avengers: End Game mau memamerkan kepada dunia betapa profesional dan handal para kru pendukungnya.

Sosok Denny Ertanto Dibalik Avengers: End Game

Salah satu profesional yang turut menorehkan kemampuannya di bidang efek digital adalah Denny Ertanto.

Dirinya adalah pemuda asli Indonesia yang sudah malang – melintang di jagad perfilman Hollywood, terutama dalam film – film besutan Marvel.

Sebelumnya ia sempat dilibatkan dalam beberapa judul film box office antara lain “War For The Planet of the Apes” dan “The Avengers: Infinity War”. Selain itu, Denny juga terlibat dalam beberapa judul film – film laris lainnya, seperti “A Monster Call”, “The Martian”, “Fantastic Beasts and Where to Find Them”, “Into the Woods”, “Cinderella”, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari judul – judul film ini, bukan film sembarangan. Selain didukung perusahaan film yang bonafit, dana yang digelontorkan untuk memproduksi film – film tersebut juga cukup fantastis, menyentuh biaya trilyunan rupiah.

Jadi, dapat dikatakan Denny Ertanto merupakan salah satu seniman digital yang dapat diandalkan dari sisi kelas internasional.

Seniman efek visual

Menjadi seorang seniman efek visual adalah impian Denny Ertanto sejak lama. Ia sengaja menempuh pendidikan di bidang seni film selama beberapa tahun di Negeri Paman Sam. Usai lulus, ia kemudian magang di beberapa perusahaan film ternama.

Karena bakat dan kemampuan yang luar biasa, putra asal ibukota Jakarta kelahiran tahun 1989 itu dilirik oleh perusahaan film Marvel untuk terlibat dalam penggarapan proyek – proyek film blockbuster.

Sebagai seniman efek visual, tugas Denny Ertanto setiap hari berkecimpung dalam gambar bergerak dan memadukan gambar agar tampak lebih realistis.

Ia bekerja di divisi digital compositor yang bertanggung jawab dalam menyatukan cuplikan – cuplikan per adegan atau video hasil syuting live action ke dalam teknologi CGI.

Tak hanya itu, Denny juga yang berperan untuk mengganti layar hijau atau layar biru sebagai latar belakang menjadi gambar yang terlihat lebih nyata dan realistis.

Biasanya, pengganti blue screen atau green screen ini sudah disediakan oleh kru dari divisi lain.

Berpengalaman di Hollywood sejak 2011

Sejak 2011, Denny Ertanto mengalami beragam lika – liku cerita berkecimpung di industri hiburan Hollywood yang dinamis.

Misalnya saja ketika ia terlihat dalam film “Fantastic Beasts”. Rupanya, ia dan timnya berkesempatan untuk menciptakan beberapa konsep Beast dalam film tersebut.

Ia sangat bangga dan senang bisa turut ambil bagian dalam film spin-off Harry Potter itu.

Akan tetapi, setiap judul film yang pernah mendapatkan sentuhan tangannya selalu membekas di benak Denny Ertanto.

Dirinya mengakui setiap film memiliki kesan yang berbeda – beda, akan tetapi pada akhirnya, semua kerja kerasnya akan terbayar jika beberapa detik adegan film yang diciptakannya mendapatkan apresiasi dari para penonton di seluruh dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *