Sekolah Relawan, Sekolahnya Calon Relawan.

Indonesiabetter.com – Bagi sebagian orang, sekolah seringkali diartikan sebagai sebuah bangunan, lengkap dengan ruangan kelas tempat belajar mengajar, guru, murid, kurikulum baku dan sarana belajar lainnya. Pendapat itulah yang umum dikatakan ketika orang ditanya tentang sekolah.

Namun, ada pula Sekolah Relawan yang bisa dikatakan sebagai lembaga edukasi kerelawanan pertama di Indonesia. Mengapa seorang relawan harus ‘bersekolah’ juga? Adakah ‘sekolah’ untuk menjadi seorang relawan?.

Didirikan Tahun 2013 oleh Bayu Gawtama, Chaerulloh dan Dony Aryanto, Sekolah Relawan memang bukan sekolah formal seperti pada umumnya. Namun prinsip yang ditekankan oleh founder adalah, jika semua orang adalah guru, maka setiap tempat adalah sekolah.

Menjadi seorang relawan tidaklah cukup dengan hanya modal semangat saja. Mengapa? Karena setiap relawan juga harus memiliki skill atau keahlian, oleh karena itu pula, Sekolah Relawan memiliki empat fokus program. Yakni edukasi kerelawanan, sosial kemanusiaan, pengembangan masyarakat dan advokasi.

Sekolah Relawan juga memiliki beberapa training untuk peningkatan kapasitas relawan. Beberapa training di antaranya adalah Disaster Leadership Training, Volunteer Management Training, Rescue Training dan Emergency Situations Training.

Sedangkan fokus program kedua adalah sosial kemanusiaan. Program tersebut bertujuan untuk merespon permasalahan yang terjadi.

Terdapat delapan program dalam sosial kemanusiaan. Yaitu Social and Disaster Rescue, Free Food Car, Ketuk Berkah, Clean Action, Panti Kurban, Yatim Bright, FoodBOX dan Belanja Bareng Yatim Dhuafa.

Dikatakan, partisipasi masyarakat cukup tinggi pada beberapa program sosial kemanusiaan. Antara lain seperti Free Food Car, FoodBOX dan Ketuk Berkah.

Sementara dalam fokus program ketiga adalah pemberdayaan masyarakat. Terkait hal ini, terdapat lima program dalam memberdayakan masyarakat.

Yaitu Tatar Nusantara, Community Center, Naik Pangkat, Sedekah Lawan Rentenir dan Volunteer Explorer. Dalam program Tatar Nusantara, ada kegiatan pengiriman pemuda-pemuda ke pelosok Indonesia untuk mengabdi selama satu tahun.

Sekolah Relawan juga memiliki fokus program advokasi. Program tersebut bertujuan untuk mendampingi kebijakan pemerintah dan juga memastikan terpenuhinya hak dasar warga masyarakat.

Sekolah Relawan juga memiliki visi Relawan sebagai Pemimpin Bangsa. Sebab diharapkan setiap pemimpin dari level terendah hingga tertinggi, dari ketua RT hingga presiden sekalipun, harus memiliki pengalaman kerelawanan.

Mengapa? Hal itu karena seorang relawan dipastikan dekat dengan masyarakat. Para relawan juga diyakini akan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Karena mereka dipandang memang tahu apa yang masyarakat butuhkan, dan mereka hadir untuk melengkapi kebutuhan tersebut.

Dari berbagai program yang ada di Sekolah Relawan ini, tentunya calon-calon relawan sudah dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan dan harus dilakukan. Karena, begitu banyak bekal dan keahlian yang akan didapatkan bila bergabung dengan Sekolah Relawan.

 

Tertantang untuk bergabung?.

anda bisa menghubungi :

Sekolah Relawan,

Jln. Sawi No.139 Perum Depok Utara.

Kelurahan Beji. Kecamatan Beji.

Kota Depok, Jawa Barat 16421.

 

0852-1855-3006 (admin WA)

(021) 77805706 (office)

 

IG : @seklahrelawan

FB : Sekolah Relawan

Web : http://www.sekolahrelawan.com/

E-mail : info@sekolahrelawan.com

 

*Saktia Andri Susilo.