Bebenah Cisadane “Untuk Kehidupan Esok Yang Lebih Baik”

Indonesiabetter.com Ratusan masyarakat dari berbagai komunitas pencinta alam memadati bantaran kali Cisadane Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat.

Tepat di hari bumi 22 April 2018. Bahkan ada yang sengaja datang dari luar kota Bogor. Seperti dari Jakarta, Purwakarta, Bandung, Cikarang dan Bekasi.

Mereka berkumpul untuk memperingati Hari Bumi 2018, dan bersama membersihkan sungai dan menanam pohon serta menabur 1000 bibit ikan.

Sebelum acara dimulai dilakukan juga sambutan dari Ketua Panitia, Bpk.Camat, lalu disambung dengan seluruh peserta serta tamu undangan bersama- sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bebenah Cisadane mempunyai pengertian bahwa menata kembali sungai Cisadane agar berfungsi semestinya,  walaupun dalam skala kecil, kegiatan ini tentunya mempunyai tujuan yang begitu bermanfaat bagi banyak orang :

  1. Membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan sungai Cisadane..
  2. Wadah silaturahmi bagi para penggiat lingkungan, masyarakat dan unsur pemerintah daerah.
  3. Menjalin kerjasama yg lebih erat, antara penggiat lingkungan, pemerintah dan masyarakat dalam mengelola dan menjaga lingkungan sungai Cisadane.

Menurut keterangan Ketua Panitia Budi Abdul Majid. Pada acara ini cukup banyak Komunitas yang hadir dan ikut berpartisipasi, ada 48 komunitas baik komunitas alam dan peduli lingkungan / dengan total peserta 480 orang dari berbagai wilayah, termasuk Jakarta, Purwakarta, Lembang, Cikarang dan Bekasi.

Dalam kegiatan ini, pesan yang ingin disampaikan kepada pemerintah adalah, bahwa pemerintah tidak sendiri dalam upaya melestarikan alam dan lingkungan. ada relawan lingkungan & masyarakat umum di garis terdepan, sehingga kedepannya diharapkan pemerintah juga memperhatikan, mengajak dan melibatkan kita semua dalam kegiatan sejenis ini dikemudian hari.

Harapan untuk masyarakat tentunya adalah meningkatnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar seperti membuang sampah pada tempatnya.

Kegiatan dalam bebenah cisadane  antara lain adalah penanaman pohon di sekitar/bantaran sungai Cisadane. Menebar benih ikan dan memungut sampah2 anorganik yang terlihat berserakan disisi sungai.

Sasaran kegiatan bebenah cisadane adalah, terlaksananya peringatan Hari Bumi 2018 sebagai wadah untuk menumbuhkan kesadaran dan pentingnya kelestarian lingkungan cisadane.

Meningkatnya kepedulian birokrat / penyelenggara negara terhadap lingkungan hidup.

Terutama dalam menerbitkan keputusan baru tentang pemberian ijin penambangan, dan eksploitasi SDA agar sistim keseimbangan tetap terjaga dan status hutan indonesia sebagai  paru-paru dunia tidak tinggal cerita.

Sementara itu, Pak Pupung selaku Camat Bogor Barat, yang langsung menghadiri acara Bebenah Cisadane ini, sangat mengapresiasi kegiatan yang dicetuskan oleh Regaci dan Muspika Bogor Barat ini.

“Setelah pulang dari kegiatan ini, saya berharap semua masyarakat dapat mengaplikasikan di kehidupan sehari-harinya.

Karena sampah salah satu masalah yang tak pernah berhenti menjadi pembahasan. Kalau bukan kita, lalu siapa lagi yang peduli masalah sampah ini, maka dari itu dimulailah dari diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya. pungkas beliau kemudian.

 

*Shenandona