Dukung Olahraga Orienteering Menjadi Olahraga Nasional

Indonesiabetter.com Salam orienteering, FONI (Federasi Orienteering Nasional Indonesia) dan para penggiat Orienteering Hari ini Sabtu 21 April 2018,di Jakarta berkumpul dalam agenda “Gathering Orienteering Jakarta (GOJAK)”,dengan rangkaian acaranya yaitu Seminar Orienteering , Eksebisi Fun Orienteering dan Deklarasi FONI DKI Jakarta.

Acara Seminar dan Deklarasi Orienteering DKI Jakarta diselenggarakan di Aula UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Acara Go-Jak dibuka secara resmi oleh Ketua Umum FONI, Kolonel Inf. Kunto Arief Wibowo S.I.P.

Beliau mengatakan bahwa dirinya sangat berharap ditangan generasi muda entah sebagai pengurus, atlet, mapper dan yang lainnya akan terus bersinergi untuk satu tujuan menjadikan olahraga orienteering sebagai olahraga resmi dibawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) , yang nanti nya akan membawa nama harum Indonesia di tingkat Asia dan Internasional untuk atlet orienteering maupun mapper dalam  setiap kompetisi.

Selain itu dalam kesempatan yang baik ini juga hadir Kepala Program Studi olahraga rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ, Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa orienteering merupakan suatu cabang olahraga yang tidak asing bagi mahasiswa fakultas olahraga UNJ khususnya mahasiswa olahraga rekreasi.

Beliau berharap besar adanya kerjasama antara pengurus FONI DKI dengan civitas fakultas ilmu keolahragaan untuk lebih memasyarakatkan olahraga orienteering melalui perguruan-perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki fakultas olahraga, dan Insyaa Alloh Orienteering akan menjadi mata kuliah tersendiri di Program Studi Olahraga Rekreasi serta menjadi cabang olahraga mahasiswa di Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Jakarta, jelasnya.

Acara Gathering Orienteering ini mendapat respon yang besar dan antusias yang tinggi dari berbagai penggiat Orienteering, ditandai dengan jumlah peserta yang mencapai 130 orang dari 28 organisasi.

Setelah seminar orienteering, lebih dari 71 peserta langsung mencoba keseruan olahraga orienteering di lingkungan kampus A UNJ. Rangkaian acara ini ditutup dengan pembacaan dan penandatangan deklarasi FONI DKI Jakarta yang dilakukan oleh 29 perwakilan organisasi.

Sementara itu Ahmad Mujahid Yaumul Ridho, S.Pd (Penggiat Orienteering KMPA Eka Citra UNJ) selaku ketua pelaksana Go-Jak (Gathering Orienteering Jakarta) yang juga lulusan dari Fakultas Olahraga UNJ, mengatakan dalam sambutan penutupnya, bahwa ujung tombak perkembangan Orienteering berada di tingkat terkecil yaitu tiap organisasi/klub, ia berharap agar seluruh klub bisa konsisten dalam program pembinaan atlet orienteering sehingga kita memiliki SDM atlet Orienteering yang handal & dengan adanya deklarasi ini semoga menjadi momentum untuk kejayaan olahraga Orienteering di Indonesia.

Seperti yang telah diketahui Orienteering adalah sebuah olahraga yang mana para pesertanya bernavigasi dengan mandiri melintasi medan sebenarnya. Para peserta harus mengunjungi sejumlah titik-titik kontrol yang ditandai di medan sebenarnya dalam waktu secepat mungkin dengan menggunakan peta dan kompas. – IOF

Federasi Orienteering Internasional (IOF)  berdiri pada tahun 1961 dan baru pada tahun 1988 Orienteering masuk ke Indonesia. Namun, Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) baru terbentuk pada tahun 2001 dan terdaftar sebagai Associate Member IOF pada tahun 2002.

Orienteering di Indonesia umumnya hanya digeluti oleh Kelompok-kelompok Pecinta Alam, namun kini seiring perkembangan zaman olahraga ini mulai banyak digeluti oleh masyarakat lebih luas . Melalui Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI), diharapkan orienteering menjadi lebih berkembang.

Orienteering sedang diperjuangkan untuk menjadi bagian dari olahraga nasional yang memasyarakat dan tergabung dalam naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Salah satu syarat tergabung dalam KONI adalah FONI harus memiliki minimal 17 Pengda, sedangkan sampai saat ini baru 10 provinsi yang telah mendeklarasikan pembentukan FONI Daerah termasuk Jakarta yang sekarang tengah kami adakan,  tutur Zubair Syamsudin, M.Kom (Penggiat Orienteering dari Makopala Universitas Budi Luhur) sebagai salah satu pengurus pusat FONI.

Pers Release by : Nur Hidayati-Humas PP FONI