GATHNAS KASKUS OANC 8 CIPUTRI BOGOR

Indonesiabetter.com – Pada tanggal 31 maret s/d 1 april 2018 kemarin, KASKUS – Pioneer Forum Diskusi Online Terbesar di Indonesia, melalui salah satu Sub-Forumnya, yakni KASKUS OANC (Outdoor Adventure & Nature Clubs) melaksanakan kegiatan rutin tahunannya yakni, KASKUS OANC ke 8 yang kali ini dilaksanakan di Bumi perkemahan Ciputri , Bogor Jawa Barat.

Tercatat lebih dari 700 peserta, turut serta secara aktif mengikuti kegiatan tahunan yang berlangsung sangat meriah ini, peserta datang dari berbagai penjuru kota di Indonesia.

Selain dari Jabodetabek tentunya, banyak juga peserta yang datang dari kota-kota lainnya, seperti Pekanbaru, Lampung, Makassar, Jogjakarta dll.

Ketua Pelaksana KASKUS OANC ke 8 ini, Wanda Melladie Chanafiar atau yang lebih dikenal dengan nama Ombing ini berkata, “walau acara ini sudah berlangsung yang ke 8 kalinya, sungguh tidak mudah membuat acara ini untuk tetap seru dan dan mempunyai value yang berbeda-beda di setiap tahunnya”

Hal ini tentu dapat dimaklumi, sebab menyatukan berbagai individu dari berbagai Organisasi, Komunitas dan berbeda sosial budaya, tentu butuh persiapan yang panjang dan matang.

Berangkat dari hal itu, agar memiliki value yang berbeda, diangkatlah tema yang dianggap sepadan dan mewakili hal tersebut.

Gathnas KASKUS OANC ke 8 kali ini,

mengangkat Tema “KERAK TELOR”

atau “Keakraban Antar Komunitas & Temu Lintas Organisasi”

Agar selaras dengan tema yang dibawakan yakni bernuansa Betawi, acara ini dibuka dengan kesenian budaya “Palang Pintu” yang dibawakan oleh Komunitas Pencak Silat “Gado-Gado Betawi”.

Acara pembukaan ini sukses memancing tawa dan ceria para peserta yang hadir. Ini cukup unik, karena sudah menjadi idiom di masyarakat, bahwa palang pintu yang biasanya hanya dibawakan di acara pernikahan, ternyata juga bisa dibawakan diacara-acara lain yang sepadan.

Acara yang telah dipersiapkan selama 6 bulan sebelumnya ini, boleh dibilang cukup sukses dan berhasil, para peserta menyatakan sangat puas dan merasa terkesan dengan kesungguhan dan keseriusan panitia dalam menyiapkan acara ini.

Rasa puas peserta terukur dari animo mereka yang sangat aktif dalam mengikuti setiap kegiatan yang diadakan, walau pesertanya ratusan, hampir semua dari mereka tetap antusias terlibat aktif didalamnya.

Nilai lebih lainnya dari KASKUS OANC ini, juga terlihat dari bertaburannya hadiah sponsor didalamnya.

Tercatat ada ratusan sponsor yang berpartisipasi aktif dan mensupport acara ini, dan tentu saja jumlah hadiah sponsor yang dibagikan, juga tentunya mencapai ratusan buah, kami mencatat setidaknya 1500 unit hadiah door prize dibagikan di acara ini.

Itu seakan setiap peserta nyaris membawa pulang hadiahnya masing-masing saat acara ditutup. Rasanya jarang sekali kita melihat acara bertabur hadiah seperti ini, ini tentu meningkatkan value acara ini dari tahun ke tahun.

Pada malam terakhir, acara ini juga dimeriahkan dengan kesenian Karinding dari Kabogoh (Karinding Bogor hudang). Mereka adalah salah satu Tim yang masih aktif dalam melestarikan dan memainkan alat musik  tradisional Jawa Barat, yang masih sampai saat ini di lestarikan oleh masyarakat, khususnya di daerah Bogor.

Dan di penghujung malam, terselip juga doa bersama dari seluruh peserta, untuk almarhum Eko Koeswara salah satu panitia yang meninggal pada tanggal 25 oktober 2017 dikarenakan sakit.

Keluarga besar Indonesia Better turut mendoakan, semoga almarhum dilapangkan kuburnya, diterima amal ibadahnya dan diringankan hisabnya, aamiin.

Di hari terakhir, acara yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Ciputri Bogor ini, juga menggelar ‘Lapak Ikhlas’ yakni acara pengumpulan barang-barang hasil donasi peserta, yang disumbangkan untuk dilelang diacara ini, dimana hasil lelang tersebut, keseluruhannya akan digunakan untuk kegiatan sosial KASKUS OANC berikutnya.

Kegiatan sosial yang akan dilakukan dalam waktu dekat disana adalah, renovasi musholla di area buper tersebut.

Salah satu Brand Sponsor yang mendukung acara ini, AVTECH (Adventure Technology), telah menyatakan kesiapannya untuk ikut mensupport pembangunan renovasi musholla tersebut.

selepas semua acara dan door prize telah habis dibagikan, acara kemudian ditutup dengan mengadakan session foto bersama menggunakan drone, dan juga doa penutup. Kemudian para peserta akhirnya melangkah pulang dengan wajah-wajah ceria, karena sepertinya setiap dari mereka sudah mendapatkan oleh-oleh hadiah door prize-nya masing masing.

 

Ombing sang Ketua Pelaksana berkata “semoga semua yang hadir diacara ini merasa puas dan bahagia, dan semoga acara ini juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan, serta juga makin menambah dan mempererat tali silaturahmi dan nilai kekeluargaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Dan semoga Gathnas KASKUS OANC yang ke 9 nanti di Jogjakarta, bisa semakin lebih meriah, lebih keren, lebih seru dan makin inspiratif lagi dari yang sekarang”.

Mewakili seluruh panitia, Ombing juga menghaturkan rasa terima kasih yang mendalam, atas support dan kerjasama dari berbagai pihak yang telah membantu acara ini sehingga aman, lancar dan sukses.

Terutama untuk semua Sponsor yang telah mendukung acara ini, Volunteer Bumi Perkemahan Ciputri yang telah ikut berjibaku dilapangan bersama panitia, dan juga tentunya kepada seluruh peserta yang telah hadir diacara ini. Sampai berjumpa kembali di Gathnas KASKUS OANC ke 9 di Jogjakarta tahun depan.

 

(Shenandona).

* Foto by : Indonesia Better.