Komunitas Sepeda Kota Bekasi, Satu Kayuhan Penuh Kejutan

Indonesiabetter.com Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali cara menyenangkan untuk berolahraga sekaligus menyalurkan hobi. Tidak hanya berolahraga sendiri, kita bisa mengikuti komunitas agar bisa mengenal banyak orang dan melakukan hobi yang sama secara bersama-sama.

Salah satu hobi dan juga olahraga yang bisa kita dapatkan secara bersamaan adalah bersepeda. Di Indonesia banyak sekali komunitas sepeda, salah satunya adalah komunitas sepeda yang ada di kota Bekasi, yaitu SGB atau Sobat Gowes Bekasi.

Komunitas ini lahir karena terinspirasi dari mereka yang masih pemula dalam dunia sepeda yang cenderung lebih suka bersepeda sendiri. Sebenarnya mereka ingin bergabung dengan komunitas sepeda yang jumlahnya tentu saja tidak sedikit, namun mereka merasa bingung dan malu untuk masuk dan berkenalan dengan mereka yang sudah lebih dulu bergabung dengan komunitas.

Nah karena alasan itulah komunitas sepeda SGB lahir di tanggal 26 Januari 2015. Komunitas sepeda SGB memiliki anggota sesama Bekasi dan sekitarnya, seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Cikarang, Cibitung, Bantar Gebang, dan juga kawasan yang lain, selain itu juga ada daerah Jakarta dan sekitarnya.

Nama SGB (Sobat Gowes Bekasi)

Nama SGB (Sobat Gowes Bekasi) diambil karena komunitas sepeda ini dibuat di daerah Bekasi. Tujuan dari adanya SGB adalah sebagai wadah untuk saling mengenal mereka yang sama-sama suka bersepeda atau yang mereka sebut sebagai goweser.

Sarana untuk saling mengenal sesama goweser ini dilakukan dengan cara mengadakan acara rutin yang diberi nama GoBar (Gowes Bareng) setiap hari minggu. Dengan begitu, para goweser akan otomatis memiliki teman baru dan juga bisa berbagi cerita atau pengalaman bersama.

Saat bergabung dalam komunitas sepeda SGB, tidak perlu khawatir dengan jenis sepeda yang dimiliki karena SGB tidak memandang jenis sepeda seperti MTB, Road Bike, Fixie, Onthel, Seli, Low Rider, Downhill, dan masih banyak yang lainnya. Di dalam komunitas SGB ini akan banyak informasi event gowes bareng, funbike, dan event yang lainnya.

Selain SGB, di Bekasi juga ada komunitas sepeda gunung Bekasi yang bernama dGemporBike. Komunitas sepeda gunung ini mulai berdiri pada akhir bulan April 2016. Komunitas ini dibentuk dari beberapa teman yang memiliki sepeda MTB dan sepeda lipat bersepeda bersama ke Danau Cibereum. Danau Cibereum sendiri sudah menjadi tujuan para komunitas sepeda yang berada di Bekasi dan sekitarnya.

Nama dGempor berasal dari cerita salah satu anggota bahwa dia pernah tidak kuat atau tidak sanggup saat mengikuti gowes bersama dan “gempor” (tidak kuat dan berhenti istirahat di tengah perjalanan). Sama seperti SGB, dGemporBike juga memiliki kegiatan gowes berasama.

Selain itu, dGemporBike juga memiliki kegiatan lain, yaitu Sahur on The Road (SOTR). Kegiatan SOTR memiliki misi membagikan makanan sahur dengan berkeliling sekitar wilayah Dukuh Zamrud – Tol Bekasi Timur/Barat, Narogong, Bantar Gebang.

Jalur trek dGemporBike belum terlalu banyak dan hanya beberapa saja yang sudah dilewati, yaitu Danau Cibereum, WPS (Warung Pinggir Sawah), Trek Nawit – Bondol, Trek Nura (Jalur Mang Ade), Kota Wisata Cibubur. Moto yang dimiliki oleh dGemporBike adalah fun, Healthy, and Togetherness.

Dengan mengikuti komunitas bersepeda seperti SGB dan dGemporBike ini berarti ikut menciptakan lingkungan agar lebih bersih dan mengurangi polusi yang ditimbulkan oleh asap. Selain bermanfaat untuk lingkungan, mengikuti komunitas sepeda juga sangat bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri.