5 Karya Anak Bangsa yang Telah Diakui Dunia

pondasi-ceker-ayam-diakui-dunia

Indonesiabetter.com – Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara kaya yang didalamnya menyimpan begitu banyak sumber daya alam melimpah ruah. Tak hanya kekayaan alam hayati saja yang membuat mata dunia terbelalak dan fokus memandang Indonesia. Kekayaan intelektual dari sumber daya manusianya pun juga tak kalah membanggakan. Puluhan bahkan ratusan penemuan-penemuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dunia telah tercipta dari tangan-tangan kreatif pemuda Indonesia. Berikut ini adalah 5 karya anak bangsa yang telah diakui dunia menurut daftar list Indonesia Better.

1. Pondasi Ceker Ayam

pondasi-ceker-ayam-diakui-dunia

Saat itu, salah seorang putra kebanggaan Indonesia yang lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, bernama Pro.Dr.Ir. Sedyatmo mendapatkan tugas untuk melakukan pembangunan tower-tower listrik bertegangan tinggi untuk wilayah sekitaran Yogyakarta. Struktur tanah yang yang tidak stabil dan cenderung lembek seperti lumpur membuat pembangunan pondasi utama untuk memulai berdirinya tower listrik mengalami hambatan.

Dari situlah muncul gagasan Prof. Sedyatmo untuk membuat landasan penopang berbentuk plat beton yang dibawahnya ditopang oleh pipa dari beton yang ditancapkan di dalam tanah. Pipa dan plat beton yang disatukan menjadi seakan mencengkeram kuat dari permukaan hingga ke dalam tanah. Pondasi yang dinilai sangat kuat dan kokoh ini lalu diber nama “Pondasi Ceker Ayam“.

Di Indonesia sendiri, struktur pondasi ceker ayam ini banyak digunakan untuk menjadi dasar dari bangunan-bangunan rumah masyarakat, hingga bangunan penting seperti halnya Bandara Soekarno hatta yang juga menggunakan metode pondasi karya Prof. Sedyatmo ini. Hasil pemikiran dari Pro.Sdyatmo tersebut, bahkan juga telah mendapat pengakuan serta hak paten di beberapa negara-negara yang tersebar di seluruh dunia.

2. Jembatan Layang Sosrobahu

Jembatan layang Sosrobahu dibangun pada masa pemerintahan presiden Soeharto, tahun 1980an. Seorang Insyinyur dari pulau dewata Bali bernama Ir Tjokorda R. Sukawati kala itu mendapat perintah langsung dari sang Presiden untuk membuatkan sebuah solusi bagi kepadatan lalu lintas yang waktu itu sudah terjadi di Ibukota, Jakarta.

Solusi yang tercipta berupa jembatan layang dengan tiang yang dibuat sejajar pada jalur utama. Dari tiang-tiang tadi lalu dibangun sebuah jembatan panjang yang terbentang dari wilayah Cawang hingga menuju ke Tanjung Priok.

Jembatan layang yang bertumpu pada tiang dan struktur lengan yang sangat kuat berbentuk huruf T itu lalu diputar melintang 90 derajat, diatasnya lalu dibuatkan jalan beton. Sistem hidrolik yang juga disematkan pada teknologi jembatan layang ini membuat lengan beton yang memiliki berat tak kurang dari 180 ton itu bisa dengan mudahnya diputar.

Hasil karya dari buah pemikiran ankan bangsa dari pulau dewata ini mendapatkan apresiasi yang begitu membanggakan dari negara-negara di dunia. Bahkan Amerika serikat juga menggunakan teknologi ini untuk membangun jembatan besar di negaranya, yang kita kenal dengan jembatan Seatle. Begitupun Filiphina dengan jalan metronya. Penemuan hebat Ir. Tjokorda ini juga telah mendapatkan hak paten khusus dari beberapa negara dunia aseperti Jepang, Filipina, dan Malaysia.

3. Pesawat CN-235

pesawat-cn-235-buatan-indonesia

Tak hanya dibidang teknologi pembangunan saja, bukti bahwa Indonesia adalah negara yang juga memiliki sumber daya manusia yang hebat adalah dengan karyanya yang juga telah mendunia pada bidang teknologi transportasi.

Pesawat CN-235 atau yang juga disebut dengan nama Sandi Tetuka ini juga merupakan karya anak bangsa yang telah diakui dan bahkan digunakan oleh beberapa negara di dunia. Pesawat ini termasuk dalam jenis pesawat penumpang sipil atau airliner yang bermesin dua. Meskipun dalam pembuatannya masih bekerja sama dengan pihak asing, yakni CASA Spanyol, namun kerjasama yang dibuat hanya sebatas perancangan mesin turboprop yang digunakan di pesawat CN-235 ini.

4. PicMix

picmix-karya-anak-bangsa

Di era teknologi smartphone saat ini, semakin banyak lagi putra-putra tanah air dengan segudang inovasi yang bermunculan. Salah satunya adalah sebuah terobosan baru yang dilakukan oleh tim developer aplikasi android Inovidea  Magna Global Indonesia, yakni yang diberi nama Picmix.

Picmix sendiri adalah aplikasi editing foto yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti Pro Photo Editor, photo collage, dan berbagai macam koleksi sticker yang lucu. selain bisa menyimpan hasil karya foto yang telah diedit, dengan aplikasi ini kita juga bisa langsung mengunggahnya di di beberapa situs jejaring sosial terkenal sepert Facebook dan Instagram.

Aplikasi ini semakin mendunia ketika sebuah media teknologi kenanamaan di luar negeri membahasnya pada sebuah artikel yang dipublikasikan. Menurut data survey yang mereka peroleh, aplikasi Picmix ini bahkan telah berhasil didownload oleh para pengguna android melalui layanan play store sejumlah 50 juta kali dan di App Store terhitung sudah diunduh sebanyak 30 juta kali.

5. Teknologi 4G

4G karya anak bangsa dari kediri

Diantara anda yang membuka artikel ini, mungkin sebagian besar adalah para pengguna smartphone. Sebagai pengguna aktif gadget ponsel pintar, sudah tidak mungkin lagi jika tidak mengenal yang namanya 4G LTE. Teknologi komunikasi canggih ini membuat kita dengan mudah dapat mengakses segala informasi yang ada di internet tanpa harus menunggu loading yang lama ketinga jaringan mendownload data internet.

Tahukah anda, jika ternyata teknologi 4G adalah salah satu penemuan besar yang berasal dari buah pemikiran anak bangsa? kalau belum tahu, baiklah kali ini akan sedikit kita beri bocoran.

Teknologi 4G ditemukan oleh seorang profesor muda yang berasal dari sebuah kota kecil di wilayah Jawa Timur, tepatnya di Kediri. Profesor muda ini bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar. Mungkin di negaranya sendiri nama Khoirul Anwar tidak begitu dikenal. Namun jangan salah, nama ini justru sudah lumayan terkenal di negeri sakura, Jepang.

Pria yang telah lulus studi dari Teknik Elektro, ITB, pada tahun 2000 ini memang sengaja melanjutkan studinya di sebuah perguruan tinggi ternama di Jepang, yakni Nara Institute of Sains Tecnology. Disana Profesor muda yang baru berusia 30an tahun ini menemukan sebuah  teknologi yang mampu mempercepat pengiriman data hingga berkali-kali lipat dibandingkan teknologi komunikasi yang dipakai sebelumnya, yaitu teknologi 3G.

pengaplikasian teknik ini adalah untuk mengatasi kesulitan jaringan untuk para pengguna internet di wilayah pegunungan atau perkotaan dimana terdapat bangunan-bangunan tinggi pencakar langit yang menjadi penghalang lalu lintas gelombang/sinyal, hingga terjadi delay akibat dari pantulan yang panjang karena terhalang struktur-struktur bangunan.

Hasil Karya dari Prof. Khoirul Anwar ini telah dipatenkan dan bahkan mendapat hak paten ekslusif dari banyak perusahaan besar bidang bidang elektronik, khususnya di China dan Jepang sendiri. Tak hanya itu saja, karya sang profesor muda juga telah berhasil mendapat penghargaan dari dunia Internasional pada sebuah ajang Institute of Electrical and Electronic Engineer Technology Conference untuk bidang saintis, di Taiwan, pada Mei tahun 2010 lalu.

Demikian informasi tentang 5 karya anak bangsa yang telah diakui dunia pada artikel kali ini. Semoga dengan tambahan wawasan yang kita dapat kali ini, akan semakin membesarkan hati dan menambah rasa bangga kita terhadap tanah air tercinta, Indonesia.