Indonesia Sabet Gelar Juara di Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest

Indonesiabetter.com Pada 2015 lalu Indonesia sabet gelar juara di Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest. Tim robot pemadam api asal Indonesia meraih dua medali emas, satu perak dan satu perunggu di Kota Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Politeknik Negeri Bandung (Polban) berangkat ke Amerika untuk mewakilkan Indonesia dengan membawa robot pemadam api ciptaan mereka untuk di konteskan.

Kontes robot pemadam api ini merupakan ajang bergengsi karena telah diselenggarakan kurang lebih 20 tahun, dengan peserta yang berasal dari berbagai negara adidaya seperti Amerika, China, Jepang dan lainnya. Hal ini membuat, menjadi juara pada kontes robot ini merupakan pencapaian besar bagi Indonesia.

Tim robot pemadam api dipilih dari pemenang tingkat nasional Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tahun 2014 lalu. Tim yang mewakili Indonesia dalam perhelatan besar ini berada di bawah penugasan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Keberhasilan meraih juara 1 seolah sepadan dengan proses perjuangan pembuatan dan penyempurnaan robot pemadam api yang cukup lama dan rumit.

Perjuangan yang di mulai dari tahapan kompetisi regional dan nasional yang ketat. Belum lagi masalah jadwal perkuliahan mahasiswa, pembimbing yang padat, penelitian teknologi dari berbagai bagian robot, meliputi sensor dan akuator, dilanjutkan dengan masalah pendanaan dan uji coba robot.

Bahka saat hendak berangkat, tim robot pemadam api masih harus menemui masalah, yaitu pengiriman robot menggunakan peswar yang mengharuskan tim membongkar ulang kopor karena kelebihan berat muatan kopor dan kelebihan dimensi.

Namun pada akhirnya tim robot pemadam api berhasil mengatasi itu semua dan sampai ke tempat tujuan dengan membawa enam robot untuk di pertandingan di trinity college. Semua masalah yang dihadapi, keringat, dan lelah terbayar lunas dengan manus saat sang saka merah putih berkibat di trinity college, Hartford Connecticut, USA.

Medali emas PASUNDAN LR

Dalam perlombaan yang di gelar tersebut ada dua divisi yang diikuti, yaitu robot pemadam api senior beroda “Fire Fighting Senior Wheeled Division” dan robot pemadam api senior berkaki “Fire Fighting Senior Walking Division”.

Adapun prestasi lengkap yang diperoleh selama perlombaan adalah untuk kategori “Fire Fighting Senior Wheeled Division”, yaitu dengan memperoleh medali emas yang diraih oleh Robot BANDUNG WR dan medali Perak yang diraih oleh Robot NUSANTARA WR. Sementara untuk kategori “Fire Fighting Senior Walking Division”, Robot PASUNDAN LR memperoleh medali emas sedangkan medali perunggu diraih oleh Robot CIWARUGA LR,

Mengenai teknologi yang digunakan pada robot pemadam api, dimulai dari teknologi sederhana sampai teknologi canggih yakni, dari komponen yang dapat ditemui di rumah, sampai komponen yang masih impor. Hal ini dilakukan untuk membuat robot yang dapat menjalankan tugas yang komplek, namun penggunaan dana yang optimal.

Pada kategori Fire Fighting, misi robot adalah mencari dan menemukan titik api pada suatu simulasi interior rumah yang memiliki empat ruangan. Titik api ditempatkan acak pada suatu ruangan. Robot harus bisa memadamkan api secepatnya dengan melalui berbagai rintangan, seperti furnitur dan lain-lain. Robot juga diprogram untuk dapat kembali ke ‘home’ setelah memadamkan api.

Anggota Tim Robot Pemadam Api Indonesia 2015 yang berjumlah 13 orang, terdiri dari mahasiswa, pembimbing, pendamping dan pemantau mengucapkan banyak terimakasih untuk berbagai pihak yang telah mendukung. Semoga kedepannya akan banyak prestasi yang bisa di toreh oleh Indonesia dikancah international.