Indonesia Mengajar

Belajar Mengajar di Desa

Jakarta (IndonesiaBetter) – Komunitas Indonesia Mengajar, merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan, yang dimulai dari pelosok Indonesia.

Mereka tidak memiliki pretensi bahwa harus menyelesaikan seluruh persoalan pendidikan di Indonesia, tetapi paling tidak dengan kehadiran putra-putri terbaik Indonesia sebagai guru, akan ikut mendorong peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri.

Melalui Indonesia Mengajar, para calon pemimpin mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan pemahaman mengenai nilai-nilai akar rumput Indonesia, yang sangat beraneka ragam, serta memiliki persoalan-persoalan yang kompleks – tergantung dari wilayahnya. Sejalan dengan proses belajar mengajar, merupakan wahana pendewasaan diri dan latihan kepemimpinan yang alami.

Komunitas ini memfasilitasi para guru tersebut (disebut Pengajar Muda) untuk tinggal, hidup dan belajar dari masyarakat setempat selama satu tahun. Mereka bekerja di sekolah dasar, dan tinggal di rumah penduduk bersama keluarga baru mereka. Yang mana para guru tersebut akan menghadapi tantangan, hambatan dan segala pengalaman, yang pada akhirmya akan membentuk karakter kepemimpinan, sekaligus merekatkan rasa Kebhinekaan yang lebih kokoh.

Dari proses belajar mengajar di atas, menciptakan interaksi pertukaran bagi yang mengajar dan yang diajar. Di satu sisi, para pengajar akan mendapatkan pengalaman yang unik di tempat mereka mengajar. Sementara, bagi yang diajarkan akan mendapatkan gambaran mengenai kehidupan Indonesia di sisi lain.

Indonesia Mengajar mengajak kita semua untuk berbuat sesuatu demi bangsa ini, demi kemajuan pendidikan di Tanah Air, serta menciptakan pemimpin yang mengerti nilai-nilai akar rumput bangsa Indonesia, dengan mengajak peran serta kita sebagai Pengajar Muda (Guru).

Kehadiran putra-putri terbaik Indonesia sebagai guru (Pengajar Muda), akan ikut mendorong peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri.

Logikanya, dengan kompetensi global, Indonesia akan sanggup bersaing di tingkat dunia. Sementara itu, dengan pemahaman akar rumput, Indonesia akan sanggup berpijak dan mengabdi bagi kepentingan nasionalnya, demi memenuhi semua janji kemerdekaan bagi rakyat Indonesia. (SSM)

Mari kita dukung Komunitas ini, agar Indonesia lebih Baik – Indonesia Better

Foto : Istimewa