Nuklir untuk Kesehatan

Ct Scan

Serpong (IndonesiaBetter) – Riset dan Pengembangan dari teknologi Tenaga Nuklir Indonesia, kini telah berkembang dengan baik, sehingga mampu menghasilkan produk-produk inovasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat, terutama bagi dunia kesehatan.

Adapun lima teknologi nuklir hasil R & D anak bangsa ini, adalah:

  • Kit radiofarmaka MDP (methylene diphosphonate), yang berguna bagi pemeriksaan sebaran kanker tulang, melaui proses scan tulang.
  • Kit radiofarmaka MIBI (methoxyisobutylisonitrile), yang berguna bagi diagnosis perfusi jantung
  • Kit radiofarmaka DTPA (diethylene triamine pentaacetic acid), berguna bagi proses diagnosis perfusi ginjal dan menilai GFR
  • 153Sm-EDTMP (samarium-153 ethlenediamine tetra methylene phosphonic acid) berguna bagi terapi paliatif kanker metastasis ke tulang.
  • 131I-MIBG (iodium-131 metaiodobenzyl guanidine) bermanfaat untuk mengdianosis kanker neuroblastoma, kanker yang ditemukan pada anak-anak.

Menurut Moh Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), hingga saat ini, dari hasil Penelitian dan Pengembangan Nuklir, produk-produk teknologi nuklir ini telah berkontribusi dalam bidang kesehatan, energi, pertanian, industri, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Di Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR)-BATAN, kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Senin (19/6/2017), beliau juga menyatakan bahwa Kemenristekdikti berkomitmen untuk mendukung pengembangan riset dan pengembangan teknologi nuklir di Indonesia.

Hal ini sehubungan dengan pemanfaatan radiofarmaka di bidang kesehatan di negara maju, sudah menjadi pilar utama penyelesaian masalah kesehatan.

Sementara itu Kemenristekdikti mengundang LPNK dan Perguruan Tinggi untuk memanfaatkan dana yang dialokasikan untuk mendukung riset dan pengembangan sebanyak 81 miliar rupiah.

Selain dari sisi pendanaan, Menristekdikti juga mendukung tumbuhnya iklim riset dan pengembangan di Indonesia dengan mengeluarkan regulasi- regulasi riset yang lebih baik.

Foto : Istimewa