Mahasiswa UGM buat robot pramusaji

Empat mahasiswa UGM, yakni; Ardiyan Rofiq, Lutfi Yahya, Rilla Khoirunisa, dan Claricha Audi berhasil menciptakan Robot Pramusaji Cerdas atau disingkat Ropadas.

Rofiq menuturkan, salah satu alasan diciptakannya robot tersebut karena selama ini belum ada yang mengembangkan robot untuk melayani pengunjung restoran. Dia juga menyatakan, robot pramusaji yang dibuatnya pertama di Indonesia.

Pihaknya mengaku membutuhkan waktu lima bulan untuk melakukan riset sekaligus membuat satu unit robot. Pengoperasiannya pun tak sulit. Langkah pertama yang harus dilakukan restoran jika ingin menggunakan jasa Ropadas adalah membuat jalur berupa garis hitam pada lantai sebagai jalan robot dari dapur ke meja makan.

Ropadas memiliki beberapa fitur-fitur pendukung antara lain; modul suara, sensor RTF dan nampan yang dilengkapi bearing. Modul suara dibuat agar robot dapat berinteraksi dengan pelanggan, misalnya mempersilakan mengambil makanan. Selain itu, robot ini dapat berhenti dengan sendirinya apabila ada benda maupun manusia yang ada di depannya, hal ini untuk menghindari tabrakan antara robot dengan manusia.

Sungguh bangga bukan, tentunya kita semua bisa seperti mereka asalkan ada kemauan dan kerja keras pasti semuanya akan terwujud. Ciptakanlah produk inovasi lainnya agar negara kita semakin maju dan terkenal.

sumber : http://inovasia.id/stories/article/pertama-di-indonesia-mahasiswa-ugm-buat-robot-pramusaji